Jokowi: Keutuhan NKRI Segalanya, Jangan Dikorbankan karena Pemilu

Oleh Lizsa Egeham pada 17 Agu 2019, 12:51 WIB
Diperbarui 21 Agu 2019, 07:46 WIB
Jokowi Berbaju Sasak

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat agar menjadikan HUT ke-74 RI ini sebagai momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Jokowi mengajak semua pihak menjaga keutuhan NKRI.

"Keutuhan NKRI adalah segala-galanya. Jangan sampai dikorbankan yang namanya keutuhan NKRI karena pilihan bupati, pilihan gubernur, pemilihan presiden," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin masyarakat kembali rukun setelah penyelenggaraan Pilkada dan Pilpres 2019. Menurut dia, yang terpenting adalah keutuhan NKRI.

"Keutuhan NKRI harus ditempatkan di tempat yang paling penting," ucapnya.

Jokowi menekankan pemerintahan lima tahun ke depan akan lebih berfokus kepada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Dia mengatakan pembangunan SDM ini akan dimulai sejak anak-anak masih di dalam kandungan.

"Begitu lahir dan juga memperhatikan berkaitan dengan gizi dan nutrisi tapi yang paling penting sejak awal harus dibangun, namanya karakter," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo itu menilai pembentukan karakter penting dilakukan karena akan mempengaruhi budi pekerti anak sejak dini. Budi pekerti ini berkaitan dengan etika, disiplin, tanggung jawab, budaya kerja keras, dan kemandirian.

"Pada tahapan menengah kita harus menyiapkan skill masa kini dan skill masa depan. Ini penting sekali harus jelas sekarang anak masuk pendidikan menengah," jelas Jokowi.

 

2 of 3

Dihadiri Pejabat

Kenakan Baju Adat Bali, Jokowi Ajak Jan Ethes di HUT ke-74 RI
Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes foto bersama dengan Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Lizsa)

Sejumlah pejabat negara hadir dalam perayaan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka. Mereka antara lain, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Seoeriso, dan para menteri kabinet kerja.

Para pejabat negara dan tamu undangan yang menghadiri upacara HUT ke-74 RI mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut dimulai dengan kirab bendera pusaka. Kemudian, teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka.

Upacara pengibaran bendera sang saka merah putih digelar di Halaman Istana Merdeka pada ‪pukul 10.00‬ WIB. Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait