Sukses

Kemenpora Ungkap Penunjukan Salma Sebagai Pembawa Baki Paskibraka 2019

Berbagai dimensi menjadi alasan pemilihan Salma sebagai pembawa baki. Seperti attitude, fisik, dan camera face.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto, mengungkap bagaimana pihaknya menunjuk Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi sebagai pembawa baki Paskibraka 2019 dalam upacara HUT ke-74 RI di Istana Merdeka.

"Meskipun Salma tadi mengatakan baru tadi pagi, sebetulnya by feeling itu kami sudah terasa. Karena kami sendiri sebagai mantan Paskibraka tahun 1978 itu, kami kakak-kakak itu kadang-kadang by feeling saja siapa yang kira-kira yang pas. Tapi kayak gitu kan kita enggak mau membocori," kata Gatot di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019).

"Nanti, siapa yang pas dan dia sudah berapa kali ditunjuk pada latihan untuk membawa baki," Gatot menambahkan.

Berbagai pertimbangan dan penilaian menjadi dasar pemilihan Salma sebagai pembawa baki. Seperti attitude, fisik, dan camera face.

"Dan yang jelas juga ada juga unsur lucky, keberuntungan. Ya semua kembali pada Allah yang di atas," beber Gatot.

Tidak hanya Kemenpora yang terlibat dalam penunjukan pembawa baki. Namun, seluruh unsur yang terlibat dalam mengembleng para Paskibaraka turut dilibatkan.

"Ada tim. Tim pelatih, karena mereka day by day yang tahu persis kegiatan Paskibraka," ujar Gatot.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Salma

Tugas sebagai pembawa baki saat pengibaran Sang Merah Putih pada HUT ke-74 RI diberikan ke Paskibraka 2019 dari Jawa Tengah, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Munculnya nama Salma sebagai pembawa baki 2019 tidak mengherankan. Tim Diary Paskibraka Liputan6.com yang mengikuti seluruh kegiatan anggota Paskibraka Nasional 2019di PP-PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur, mencatat, Salma lebih dari 10 kali ditempa untuk menjalankan tugas ini.

Salma, Paskibraka 2019 yang lahir di Malang, 16 Desember 2002, bercita-cita menjadi pilot wanita TNI Angkatan Udara (AU).

"Aku mau jadi penerbang. Amin," kata Pembawa Baki berhijab ini kepada Diary Paskibraka Liputa6.com .

Ambisinya inilah yang membuatnya memilih kegiatan ekskul Paskibra di sekolahnya, SMA Pradita Dirgantara.

Salma mengatakan bahwa sekolahnya jugalah milik TNI AU yang berfokus agar murid-muridnya memiliki fisik dan mental yang kuat.

Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019 ini pun mampu mendapat program beasiswa 3 tahun yang ditawarkan oleh sekolah asrama tersebut.

“Asrama beasiswa, seragam dikasih semuanya. Cuma biaya hidupnya aja sih kayak peralatan pribadinya. Makan sudah ditanggung, buku juga,” katanya.

Berikut profil Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Nama : Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Nama panggilan : Salma

Tempat dan tanggal lahir : Malang, 16 Desember 2002

Nama orangtua : Achmad Aswin Achzaab

Sekolah : SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.