Sukses

Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi, Anies: Ini Bukan Lahan Milik Pribadi

Pernyataan Anies pun langsung disambut tepuk tangan meriah oleh para peserta upacara.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara HUT ke-73 RI di Pulau Maju Reklamasi, Jakarta Utara untuk pertama kalinya. Ribuan pegawai datang menggunakan bus Transjakarta ataupun kendaraan pribadi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan lokasi upacara kali ini merupakan lahan baru. Dia menyebut ketika proklamasi dikumandangkan Pulau Reklamasi masih berbentuk lautan.

"Ini adalah lahan baru. Tapi kita ingin kirimkan pesan kepada semua, bahwa ini bukan lahan milik pribadi. Ini adalah lahan milik Negara Republik Indonesia," kata Anies di Pulau Maju, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019).

Pernyataan Anies pun langsung disambut tepuk tangan meriah oleh para peserta upacara. Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pun menyatakan masyarakat Jakarta merupakan saksi dan pihak yang memastikan adanya keadilan di Ibu Kota.

"Dan insyaAllah ini akan bisa menjadi contoh bagi anak-anak kita dan anak-anak dari anak-anak kita," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Berbeda

Sebelumnya, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) DKI Jakarta Muhammad Mawardi menyatakan tak ada yang berbeda pelaksanaan upacara bendera perayaan HUT RI ke-74 di Pulau D Reklamasi dengan lokasi lainnya.

"Perbedaannya hanya dari segi tempat saja. Tata cara dan pelaksanaannya sama seperti sebelumnya," kata Mawardi di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (16/8/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.