Sukses

Jokowi Ingin Inovasi di Bidang Hukum, Menkumham: Kami Siapkan Sistem

Yasonna melanjutkan, perbaikan dilakukan dalam penegakkan sistem terus dijalankan secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya menyinggung kinerja para penegak hukum, salah satunya pemberantasan korupsi. Jokowi ingin penegakkan kasus korupsi memiliki inovasi, di mana bukan sekedar diukur dari berapa kasus yang diangkat dan dipenjarakan, namun juga diukur dari berapa potensi pelanggaran yang bisa dicegah.

Menanggapi itu Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan pihaknya siap untuk berbenah dan menjadi lebih baik lewat sistem yang juga baik.

"Jadi harus sudah bagus sistemnya. Itu harus membangun sistem sehingga korupsi tidak terjadi," kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Jakarta (16/8/2019).

Yasonna melanjutkan, perbaikan dilakukan dalam penegakkan sistem terus dijalankan secara bertahap. Sehingga apa yang menurut penilaian Presiden Jokowi masih kurang akan dievaluasi lagi.

Selain soal penegakkan hukum terkait korupsi, Presiden Jokowi menilai penegakan HAM pun kurang maksimal. Yasonna mengatakan, soal penegakkan HAM memang harus diperbaiki dan diregulasi dengan kinerja yang terus ditingkatkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata KPK

Menanggapi hal yang sama, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo setuju dengan Jokowi, di mana pencegahan dan penindakan juga harus mengikuti kemajuan teknologi. Namun, Agus juga menekankan pentingnya kerjasama regional dan internasional.

Selain itu, kata Agus, KPK juga serius menginginkan pembenahan partai dan sistem pemilu dan pilkada. "Tata kelola, manajemen dan sistem kepartaian yang perlu dibenahi. Termasuk pendanaan partai dari pemerintah harus jauh lebih besar," ucap Agus kepada Merdeka.com, Jumat (16/8/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.