Sukses

Ketua KPK Setuju Jaksa Agung Tak Lagi dari Parpol

Agus tidak mau banyak berkomentar soal kinerja Jaksa Agung yang sekarang yakni HM Prasetyo yang dulunya berasal dari partai politik.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyambut baik rencana Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mengangkat Jaksa Agung bukan dari partai politik. Sebab, kata dia, nantinya Jaksa akan lebih fokus menangani kasus hukum. 

"Itu mungkin lebih baik dalam arti jangan sampe orang tugas masih memikirkan parpol. Itu lebih baik. Jadi lebih fair, lebih baik dibanding kita Jaksa Agung datang dari parpol," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Agus juga tidak mau banyak berkomentar soal kinerja Jaksa Agung yang sekarang yakni M Prasetyo yang dulunya berasal dari partai politik. Dia menyerahkan sepenuhnya penilaian pada masyarakat. "Masyarakat yang menilai," ungkap dia. 

Sebelumnya, Jokowi menegaskan, Jaksa Agung periode 2019-2024 tidak akan berasal dari kalangan partai politik. Diketahui saat ini, Jaksa Agung Prasetyo merupakan kader Partai NasDem.

"Jaksa Agung pasti bukan dari parpol," ujar Jokowi saat bertemu dengan para pemimpin redaksi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 13 Agustus 2019.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Rahasia

Soal siapa sosok yang akan dipilih memimpin Korps Adhiyaksa, Jokowi belum mau mengungkapnya. Dia memberikan clue, bahwa dirinya pasti memperhatikan suku, etnis dan agama dalam memilih Jaksa Agung.

Sebelumnya, Presiden Jokowi segera mengumumkan susunan kabinet baru di periode kedua kepemimpinannya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini membocorkan sedikit ciri menteri yang akan duduk bersama di kabinetnya lima tahun mendatang.

"Yang jelas di bawah 30 tahun ada, di bawah 35 tahun juga ada," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.