Sukses

Gagah dan Anggun, Ini Penampilan Para Tokoh Nasional di Sidang Tahunan MPR

Setelan jas biru biru lengkap dikenakan Jokowi saat menyampaikan pidato tahunan MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) hari ini digelar, Jumat (16/8/2019). Para menteri, anggota DPR, hingga pimpinan partai politik hadir. Mereka tampak gagah dan cantik dalam batulan jas serta kebaya. 

Tak terkecuali Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana. Keduanya di kompleks parlemen pukul 07.55 WIB, penampilan merekam tampak serasi. Jas biru yang dikenakan Jokowi sangat kontras dengan dasi merah serta kemeja putih yang dipakainya.

Begitu pun dengan Iriana. Ibu Negara tampil anggun dalam balutan kebaya berwarna putih dengan selendang bercorak coklat muda di pundaknya. 

Berikut sederet penampilan para tokoh nasional di Sidang Tahunan MPR yang tak kalah disorot:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jokowi Berbaju Adat Sasak

Setelan jas lengkap berawarna biru dikenakan Jokowi saat menyampaikan pidato tahunan MPR. Sementara, pada pidato kenegaraan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengenakan pakaian adat daerah Sasak, NTB.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono masih merahasiakan baju adat apa yang akan dikenakan Jokowi. Namun, saat pidato kenegaraan tahun 2017, Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla mengenakan baju adat Bugis.

"Pagi yang pertama pakai jas. Pidato yang kedua pakai baju daerah," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (16/8/2019).

Ternyata pilihan baju adat yang dipilih Jokowi pada Sidang Tahunan MPR kali ini adalah baju adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Baju tersebut dikenakannya saat mengikuti sidang bersama DPD-DPR di kompleks parlemen.

Baju adat yang dikenakannya bernuansa emas. Baju adat tersebut dilengkapi dengan ikat kepala dan keris. Sementara, Wapres JK memakai baju khas Betawi.

3 dari 5 halaman

2. Jas dan Sarung Ma'ruf Amin

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin juga tak mau kalah. Saat menghadiri acara sidang tahunan MPR 2019 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ma'ruf datang dengan mengenakan sarung bermotif kotak-kotak, berjas hitam, berpeci hitam, dan berserban putih.

Ia tampak melambaikan kedua tangannya sembari tersenyum ke awak media. Sandiaga yang duduk bersebelahan dengan Ma'ruf Amin bahkan memuji penampilannya yang mengenakan pakaian adat Betawi.

"Ngobrol bicara banyak. Saya bilang ganteng banget pakai baju Betawi persis kaya orang Betawi," kata Sandi saat di Komplek Parlemen.

Sandiaga Uno kagum dengan Ma'ruf Amin, yang memiliki sosok ulama yang baik. Sambil tersenyum dia juga sempat menyampaikan salam dari keluarganya untuk Ma'ruf.

4 dari 5 halaman

3. Kebaya Merah Marun Megawati Soekarnoputri

Sementara itu, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang menghadiri sidang tahunan MPR di Gedung Parlemen, Senayan nampak anggun dan cantik dengan kebaya merah marun yang dikenakannya.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu datang bersama putrinya yang juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan, Puan Maharani sekitar pukul 08.20 WIB.

Dengan warna kebaya yang hampir sama, Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid juga hadir bersama sang ibu Sinta Nuriyah Wahid. 

5 dari 5 halaman

4. Jas Hitam Sandiaga Uno

Mantan calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri sidang tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/9/2019). Sandi datang untuk mewakili Ketua Umum Prabowo Subianto yang berhalangan hadir.

Sandiaga datang sekira pukul 08.25 WIB dengan mengenakan setelah jas hitam. Kacamata yang dikenakannya semakin membuat penampilan Sandi makin gagah 

Tanpa memberikan pernyataan, Sandiaga bergegas melewati awak media menuju ruang sidang sambil tersenyum dan melambaikan tangan. Sandiaga hadir mewakili mantan capres sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

 

Reinaldi Hasan 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.