Menerka Isi Pidato Zulhas di Sidang Tahunan MPR 2019, Kembali Sindir Jokowi?

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 16 Agu 2019, 07:23 WIB
Diperbarui 16 Agu 2019, 07:23 WIB
PHOTO: Pidato Ketua MPR Zulkifli Hasan salam Sidang Tahunan MPR RI 2017
Perbesar
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat memberikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2017 di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/08). Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta bangsa Indonesia mencontoh kehidupan para bapak bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dirasa banyak pihak menyindir Presiden Joko Widodo atau Jokowi lewat pidato sidang tahunan MPR RI 2018. Saat itu, politisi PAN tersebut menyinggung kata 'emak-emak' yang identik dengan kubunya pada kompetisi Pilpres saat itu.

"Bapak presiden ini titipan emak emak titipan rakyat Indonesia agar harga-harga terjangkau, agar kebutuhan sehari-hari," kata pria karib disapa Zulhas pada sidang tahunan kala itu, Kamis 16 Agustus 2018.

Zulkifli mengatakan emak-emak di Indonesia menginginkan agar harga kebutuhan pokok lebih terjangkau. Hal ini agar emak-emak bisa memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

Sontak pada saat itu, barisan koalisi partai pendukung Jokowi meradang. Seperti Sekjen PPP Arsul Sani yang mengatakan Zulhas tak seharusnya mengatakan itu lewat forum setinggi sidang tahunan MPR.

"Itu dari floor kan di barisan saya PKB, PPP, Hanura ngomel semua (dengar pidato Zulkifli Hasan)," kata Arsul.

Arsul, saat itu berpendapat, dalam menyampaikan pidato Zulhas seharusnya memberikan apresiasi terlebih dahulu soal capaian pemerintah, baru menyoroti kekurangan-kekurangannya.

"Dia kan lebih mendetilkan kekurangan-kekurangannya kan," jelas Arsul jengkel.

Kendati begitu, Zulhas berjanji pada pidatonya di sidang tahunan MPR kali ini tidak akan ada sindir menyindir. Menurutnya semua kontestasi sudah selesai dan waktunya membangun Indonesia lewat sumber daya manusianya yang lebih baik.

"Artinya, persaingan sudah usai. Mari sekarang kita bersama-sama mendukung pilihan rakyat agar Indonesia lebih baik," terang Zulhas di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019.

2 dari 3 halaman

Jokowi Pidato 3 Kali

20160816-Sidang-MPR-Jakarta-Jokowi-Johan-Tallo
Perbesar
Presiden Joko Widodo memyampaikan Pidato saat sidang tahunan MPR RI, DPR RI dan DPD RI tahun 2016 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi siap membacakan pidato di Sidang Tahunan MPR, hari ini Jumat (16/8/2019). Jika tak ada perubahan, pidato ini akan dibacakan Jokowi sebanyak tiga kali dalam tema yang berbeda.

Menurut informasi dihimpun, pidato Presiden Jokowi pertama akan berisi tentang rapat tahunan MPR RI tahun 2019. Sesi selanjutnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato tentang kemerdekaan Republik Indonesia di usia yang ke-74.

Namun Jokowi belum mengungkap apa tema pidato yang akan dibacakan.

Sesi terakhir, rencananya Presiden Jokowi akan membacakan pidato tentang Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓