Sukses

Menerka Isi Pidato Zulhas di Sidang Tahunan MPR 2019, Kembali Sindir Jokowi?

Zulhas berjanji pada pidatonya di sidang MPR tahun ini tidak akan ada sindir menyindir.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dirasa banyak pihak menyindir Presiden Joko Widodo atau Jokowi lewat pidato sidang tahunan MPR RI 2018. Saat itu, politisi PAN tersebut menyinggung kata 'emak-emak' yang identik dengan kubunya pada kompetisi Pilpres saat itu.

"Bapak presiden ini titipan emak emak titipan rakyat Indonesia agar harga-harga terjangkau, agar kebutuhan sehari-hari," kata pria karib disapa Zulhas pada sidang tahunan kala itu, Kamis 16 Agustus 2018.

Zulkifli mengatakan emak-emak di Indonesia menginginkan agar harga kebutuhan pokok lebih terjangkau. Hal ini agar emak-emak bisa memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

Sontak pada saat itu, barisan koalisi partai pendukung Jokowi meradang. Seperti Sekjen PPP Arsul Sani yang mengatakan Zulhas tak seharusnya mengatakan itu lewat forum setinggi sidang tahunan MPR.

"Itu dari floor kan di barisan saya PKB, PPP, Hanura ngomel semua (dengar pidato Zulkifli Hasan)," kata Arsul.

Arsul, saat itu berpendapat, dalam menyampaikan pidato Zulhas seharusnya memberikan apresiasi terlebih dahulu soal capaian pemerintah, baru menyoroti kekurangan-kekurangannya.

"Dia kan lebih mendetilkan kekurangan-kekurangannya kan," jelas Arsul jengkel.

Kendati begitu, Zulhas berjanji pada pidatonya di sidang tahunan MPR kali ini tidak akan ada sindir menyindir. Menurutnya semua kontestasi sudah selesai dan waktunya membangun Indonesia lewat sumber daya manusianya yang lebih baik.

"Artinya, persaingan sudah usai. Mari sekarang kita bersama-sama mendukung pilihan rakyat agar Indonesia lebih baik," terang Zulhas di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Pidato 3 Kali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi siap membacakan pidato di Sidang Tahunan MPR, hari ini Jumat (16/8/2019). Jika tak ada perubahan, pidato ini akan dibacakan Jokowi sebanyak tiga kali dalam tema yang berbeda.

Menurut informasi dihimpun, pidato Presiden Jokowi pertama akan berisi tentang rapat tahunan MPR RI tahun 2019. Sesi selanjutnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato tentang kemerdekaan Republik Indonesia di usia yang ke-74.

Namun Jokowi belum mengungkap apa tema pidato yang akan dibacakan.

Sesi terakhir, rencananya Presiden Jokowi akan membacakan pidato tentang Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.