Sukses

Neraca Dagang Defisit, Jokowi Minta Ibu-Ibu Pakai Merek Lokal

Jokowi meminta Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia untuk bekerja sama dengan pemilik mal memberikan ruang strategis kepada merek lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung ibu-ibu yang gemar menggunakan barang brand luar negeri hasil impor. Padahal, kata dia, saat ini neraca perdagangan tengah defisit.

"Neraca perdagangan kita masih defisit. Juga defisit transaksi berjalan kita masih gede. Kalau kita senangnya barang impor, impar impor impar impor, terutama ibu-ibu. Senangnya kalau sudah pegang brand luar senang banget," kata Jokowi saat menghadiri Hari Belanja Diskon Indonesia di Senayan City Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Untuk menekan defisit neraca perdagangan, Jokowi meminta agar produsen menguasai pasar dalam negeri. Selain itu, Jokowi meminta agar masyarakat mulai mencintai dan menggunakan produk-produk luar negeri.

Menurut dia, saat ini brand Indonesia tak kalah bagusnya dengan merek luar negeri. Bahkan, produsen lokal sudah mulai melakukan ekspor ke luar negeri.

"Apa sih, masalah baju? Desainer kita jago-jago. Barang kita di Vietnam laku keras," ucapnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia untuk bekerja sama dengan pemilik mal memberikan ruang strategis kepada brand lokal. Dia tak ingin produk lokal kalah bersaing dengan merek asing.

"Tadi cari mal atau tempat strategis. Sehingga produk kita bawa masuk ke negara lain lewat cara-cara itu. Sehingga yang kecil-kecil terangkut semuanya," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Neraca Perdagangan Indonesia

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Juli 2019 defisit sebesar USD 63,5 juta. Defisit tersebut disumbang oleh defisit sektor migas sebesar USD 142,4 juta sedangkan sektor nonmigas surplus USD 78,9 juta.

Sepanjang Januari hingga Juli neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD 1,9 miliar. Sementara jika dibandingkan tahun lalu defisit menurun karena tahun lalu defisit necara perdagangan Indonesia lebih besar sekitar USD 3,2 miliar.

Adapun neraca perdagangan Indonesia masih surplus terhadap Amerika Serikat sebesar USD 5,1 miliar serta kepada India dan juga belanda. Untuk Tiongkok neraca perdagangan Indonesia defisit cukup besar sekitar 11,05 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.