Demokrat Pastikan Tetap Dukung Jokowi Meski Tak Dapat Jatah Menteri

Oleh Liputan6.com pada 15 Agu 2019, 13:52 WIB
Diperbarui 15 Agu 2019, 13:52 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf (Liputan6.com/Andrian Martinus Tunay)
Perbesar
Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf (Liputan6.com/Andrian Martinus Tunay)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf menegaskan, partainya akan tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin, meski partai berlambang Mercy itu tidak mendapatkan jatah kursi menteri.

"Untuk Demokrat saya kira bukan masalah menteri atau tidak menteri, tapi ketika kita sudah menyatakan kita bersama pemerintah apapun keputusan pemerintah akan kita hargai, khususnya Presiden Jokowi selaku presiden terpilih ya hak prerogatif presiden," kata Nurhayati di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Dia menyatakan, selama ini Demokrat tidak pernah menyodorkan kadernya untuk jadi menteri Kabinet Jokowi jilid II. Karena itu, tak menjadi masalah jika partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY itu tidak dapat jatah menteri.

"Jadi kita bukan masalah kita dapat atau tidak dapat kursi, selama ini Demokrat tidak pernah menyodor-nyodorkan (nama calon) menteri juga," sambungnya.

Nurhayati juga menyoroti langkah Jokowi yang siap mengumumkan calon menterinya bahkan sebelum dilantik sebagai presiden. Kata dia, Jokowi memiliki gaya kepemimpinan sendiri.

"Jadi misalnya Pak Jokowi sekarang mengatakan begitu. Tetapi saya yakin bahwa partai koalisi dan lain sebagainya itu pasti juga sering bertemu beliau kan, jadi saya kira ini bukan gaya yang ini. Tapi ini gaya yang masing-masing presiden punya gaya tersendiri dan itu kita hargai," ucap politikus senior Demokrat itu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jokowi Segera Umumkan Nama Menteri

Pimpin Ratas, Jokowi Pinta Pembangunan Infrastruktur Dipercepat
Perbesar
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/5/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, teka teki siapa calon menteri untuk kabinet Jokowi jilid II akan segera terungkap. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji segera mengumumkan nama-nama calon menteri yang ia pilih untuk membantunya di pemerintahan periode 2019-2024.

Pernyataan soal calon menteri itu, diucapkan Jokowi saat makan siang bersama pimpinan redaksi media massa di Istana Negara, Rabu (14/8/2019). Dalam pertemuan itu Jokowi menegaskan nama-nama yang ia pilih jadi menteri juga sudah diberitahukan ke partai koalisi pendukungnya.

"Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," kata Jokowi.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓