Sukses

Langkah-Langkah Politik Surya Paloh yang Mengejutkan

Surya Paloh dikabarkan segera bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mencuri perhatian. Gebrakan-gebrakan politik yang diambilnya menjadi mengejutkan sebagian pihak.

Salah satunya ketika Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Padahal, partai pimpinannya itu tidak mendukung Anies Baswedan saat Pilgub DKI 2017 lalu.

Tak hanya itu, Surya Paloh bahkan dikabarkan segera bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Jelas-jelas keduanya berada di kubu berbeda, baik Pilkada DKI maupun Pilpres 2019 lalu.

Lantas, apakah Surya Paloh akan banting setir mengalihkan dukunagnnya? Rupanya, hal itu dibantah tegas oleh Nasdem.

Sikap Paloh semata-mata hanya meredam situasi politik yang sempat menghangat. Berikut sikap mengejutkan Surya Paloh dan kubunya yang belakangan mencuri perhatian:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertemu Anies Baswedan

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makan siang di Kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat. Pertemuan keduanya berlangsung kurang lebih dua jam.

Anies mengaku pertemuan dengan Paloh membahas perkembangan kota Jakarta. Dia mengatakan siap menuntaskan tugas di Jakarta.

Sementara itu, Surya Paloh menyatakan siap mendukung Anies secara lahiriyah dan batiniyah.

"Ya pastilah (dukung Anies), lahiriyah batiniyah. Tergantung Anies," ujar Surya.

Akan tetapi pernyataan itu langsung dibantah oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate. Menurut Plate, Surya Paloh tidak pernah menyebut hal semacam itu.

"Siapa yang bilang? Tidak ada sama sekalian yang bilang capres. Yang ditanya 2024. Ya semua putra, putri bangsa silakan tetapinya dibuktikan dulu. Nanti kan ada prosesnya," kata Plate.

Seperti diketahui, Nasdem bukan salah satu partai pengusung Anies saat pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Saat itu, Partai Nasdem merupakan partai pertama yang mendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

 

3 dari 4 halaman

Bakal Bertemu PKS

Tak hanya bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, lawan politik lain yang akan ditemui Surya Paloh adalah Presiden PKS Sohibul Iman.

Kabarnya, dalam waktu dekat, Surya Paloh dan Sohibul Iman akan bertemu. Keduanya bahkan sudah membuat jadwal untuk pertemuan itu.

"Sudah janjian kontak-kontakan Pak Surya dengan Pak Sohibul," kata seorang sumber Merdeka di lingkaran Nasdem.

Meski begitu, belum diketahui akan membahas apa dalam pertemuan itu.

Untuk diketahui PKS merupakan partai oposisi pada Pilpres 2019. PKS partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, sementara Nasdem mengusung Jokowi-Ma’ruf Amin.

 

4 dari 4 halaman

Nasdem Angkat Bicara

Rencana pertemuan Surya Paloh dengan PKS menjadi perbincangan. Rencana itu dianggap bahwa Surya Paloh mendekati PKS untuk membuat poros baru.

Akan tetapi anggapan itu langsung dibantah tegas Sekjen NasDem Johny G Plate. Dia menegaskan, kalau pun sang Ketua Umum bertemu dengan elite politik oposisi, hal tersebut merupakan silaturahmi biasa.

"Kalau kabar sekarang saya bilang tidak ada, jadi jangan kembangin kabar-kabar burung dalam politik, tapi kalau suatu saat nanti bertemu dengan Pak Prabowo, bertemu Pak SBY, bertemu Pak Zul, bertemu dengan Pak Sohibul, apa salah itu? Enggak salah bertemu komunikasi harus ada, sikap politik tetap masing-masing, itu supaya jelas," kata Johny.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.