Belajar dari Shanghai Expo, Jokowi Minta Stan Indonesia di Dubai Expo di Lokasi Strategis

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2019, 18:11 WIB
Pimpin Ratas, Jokowi Pinta Pembangunan Infrastruktur Dipercepat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas di kantornya bersama sejumlah jajaran menteri. Salah satu tema yang dibahas dalam rapat tersebut yaitu mengenai persiapan Indonesia mengikuti World Dubai Expo 2020.

Dalam arahannya, Jokowi meminta agar penempatan stan Indonesia harus berada di lokasi strategis. Dia pun meminta agar tim World Dubai Expo 2020 saat ini untuk belajar dari keikutsertaan pada Shanghai Expo 2010 lalu, dimana posisi stan berada pada lokasi strategis, sehingga banyak pengunjung yang datang. 

"Jangan sampai kita salah pilih lokasi. Lokasi di belakang malah dekat toilet misalnya, kalau seperti itu enggak usah ikut saja. Malah kita ingin membangun sebuah trust, membangun sebuah kepercayaan, membangun sebuah imej, tetapi yang kita dapat malah enggak dapet apa-apa,” ujar Jokowi, Selasa (13/8/2019).

Bukan tanpa sebab Jokowi berpesan demikian, karena pada World Expo 2015 di Milan, Italia, stan Indonesia berlokasi tepat di sebelah toilet umum yang besar.

Kondisi tersebut dinilai sangat merugikan posisi stan Indonesia saat itu. Namun akhirnya Pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta secara gotong royong dan kerja keras sehingga dapat mengubah kondisi tersebut menjadi cerita sukses bagi Indonesia.

 

2 of 3

Datangkan Investasi

Dalam World Expo 2010 yang berlangsung di Shanghai, China, di mana saat itu persiapan Indonesia  sangat matang, karena didukung penuh oleh Pemerintah dan swasta.

World Expo adalah Event ketiga terbesar di dunia setelah Piala Dunia dan Olimpiade. Pada event ini Indonesia berpotensi untuk menarik investasi, perdagangan dan pariwisata. Indonesia telah mengikuti kegiatan World Expo semenjak 2005, di Aichi Jepang, World Expo 2010 di Shanghai, China dan terakhir World Expo 2015 di Milan, Italia.

Dalam rapat terbatas itu, Jokowi juga berpesan agar keikutsertaan Indonesia dalam World Expo di Dubai dapat meningkatkan kunjungan turis mancanegara, khususnya pasar dari Timur Tengah.

Kita harus memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya, baik dalam rangka urusan perdagangan, urusan pariwisata, dan investasi di internasional khususnya pasar di Timur Tengah,” ujar Jokowi.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓