BMKG: Aceh, Sumatera, hingga Kalimantan Akan Diguyur Hujan Lebat

Oleh Devira Prastiwi pada 14 Agu 2019, 16:57 WIB
20160308-Ilustrasi Hujan-iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan, yaitu pada 14 sampai 16 Agustus 2019 di sejumlah wilayah Indonesia.

Hal ini diketahui dari keterangan tertulis BMKG, Rabu (14/8/2019). BMKG memaparkan, ada beberapa wilayah yang berpotensi hujan pada hari ini hingga besok, 15 Agustus 2019, yaitu Aceh, Sumatera Barat, Riau, dan Papua.

"Sedangkan untuk Jumat, 16 Agustus 2019, beberapa wilayah yang masih berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Barat, Riau, dan Papua," tulis BMKG.

Sementara itu, wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada hari ini hingga besok, yaitu Sumatera Utara dan Kalimantan Barat.

Kemudian, pada Jumat, 16 Agustus 2019, wilayah yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir hanya Kalimantan Barat.

BMKG menjelaskan, potensi hujan lebat disebabkan intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudera Hindia Barat Perairan Selatan Jawa hingga Teluk Carpentaria Australia.

Kondisi tersebut mengurangi kelembaban udara atau massa udara basah di lapisan bawah dan menengah, sehingga menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya.

"Namun demikian, kondisi tersebut meningkatkan potensi pembentukan awan hujan pada wilayah di depan area intrusi massa udara kering akibat terbentuknya massa udara yang basah dan lembab di lapisan bawah," tutup BMKG.

BMKG pun mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di daerah-daerah tersebut untuk tetap berhati-hati. Apalagi ketika melakukan kegiatan di luar.

"Persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," tandas BMKG.

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by