TNI Pastikan Enzo Zenz Allie Tak Terpengaruh Paham Radikal

Oleh Maria Flora pada 14 Agu 2019, 10:19 WIB

Liputan6.com, Magelang - Inilah momen saat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada pekan lalu berbincang dengan Enzo Zenz Allie, seorang taruna akademi militer WNI keturunan Perancis saat mengikuti tes di komplek akademi militer Magelang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (14/8/2019), Enzo dinyatakan lolos seleksi calon prajurit dan saat ini masih mengikuti pendidikan dasar integrasi kemitraan akademi TNI.

Tak lama berselang, jejak digital di akun media sosial Enzo menjadi buah bibir. Satu foto milik Enzo di akun media sosialnya memancing pertanyaan publik terkait nasionalisme Enzo.

Pihak TNI Angkatan Darat pun mengklarifikasi masalah ini. Kepala Staf TNI AD menegaskan, terkait foto tersebut Enzo telah menjalani tes ulang. Hasilnya remaja 18 tahun itu kembali dinyatakan lolos dengan nilai moderasi bernegara 84 persen.

Dari hasil pemeriksaan dengan alat dan metode khusus yang dimiliki TNI, Enzo dipastikan tidak terpengaruh paham radikal.

"Enzo memiliki indeks moderasi negara yang cukup bagus," ucap Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

TNI AD juga menegaskan, Enzo bersama taruna lainnya masih harus melalui berbagai tahapan sebelum menjadi anggota TNI aktif. Tahap penilaian terhadap para calon perwira TNI akan berlangsung selama 4 tahun ke depan.

Live Streaming

Powered by