Sukses

Anggaran Penyelenggaraan Formula E Disetujui DPRD DKI Sebesar Rp 360 Milliar

DPRD DKI Jakarta menyetujui anggaraan penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - DPRD DKI Jakarta menyetujui anggaraan penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Anggaran yang diajukan oleh Pemprov DKI Jakarta tersebut disetujui melalui pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019.

"Karena tadi salah ngitung mata uang (dollar) jadinya Poundsterling. Jadi total Rp 360 miliar," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Kepala Bappeda DKI Jakarta Sri Mahendra mengatakan untuk penyelanggaraan balap mobil listrik itu menggunakan anggaran langsung dari Dinas Pemuda dan Olahraga. Awalnya, Pemprov DKI Jakarta telah mencoba mengirimkan surat ke Kementrian Pemuda dan Olahraga.

"Ini dukungan dari Kemenpora dan Kemendagri. Jadi semula kan ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, lalu digeser ke Komisi E dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, ini merupakan kegiatan baru," jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta harus menyetorkan dana sebesar 20 juta poundsterling atau sekitar USD 24,1 juta untuk menjadi salah satu tuan rumah balapan Formula E 2020. Nantinya dana tersebut disetorkan ke pihak penyelenggara yakni Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Untuk motor GP biaya penyelenggaraan nya USD 7-9 juta, F1 USD 29,4 juta, Formula E USD 24,1 juta. Dollar Amerika ya," kata Anies di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Jokowi

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan setiap penyelanggara kegiatan harus mengeluarkan biaya, seperti halnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Selain itu, Anies juga telah menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. Keduanya membahas soal pelaksanaan balap mobil listrik Formula E 2020.

"Beliau memberikan dukungan dan apresiasi, dan insyaallah akan kami finalisasikan. Dan tadi menceritakan prosesnya," kata Anies usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.