Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini 2 Kali Guncang Sulawesi

Gempa pertama pada hari ini mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini membuat beberapa wilayah Indonesia bergoyang. Setidaknya hingga pukul 19.00 WIB, ada tiga wilayah di Nusantara yang diguncang lindu.

Informasi mengenai gempa ini diperoleh dari laman resmi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Selasa (13/8/2019).

Gempa pertama pada hari ini mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada pukul 05.33 WIB. Lindu tersebut berkekuatan magnitudo 3,8.

Selain Donggala, wilayah Jembrana, Bali juga dibuat bergoyang karena gempa. Lindu tersebut terjadi pada pukul 17.21 WIB.

Berikut deretan gempa yang mengguncang Indonesia hari ini:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donggala

Gempa pertama pada hari ini mengguncang wilayah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Lindu ini terjadi pada pukul 05.33 WIB.

Pusat gempa berada di darat 12 kilometer timur laut Toaya, Kabupaten Donggala. Lindu yang terjadi bermagnitudo 3,8 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada 0.55 Lintang Selatan-119.89 Bujur Timur.

 

3 dari 4 halaman

Melonguane

Lindu kedua pada hari ini terjadi di wilayah Melonguane, Sulawesi Utara. Gempa yang terjadi ini berkekuatan magnitudo 5,1 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lindu tersebut terjadi pada pukul 10.30 dan berpusat di 208 kilometer barat laut Melonguane.

Lokasi gempa berada pada garis Lintang 5.81 dan garis Bujur 126.18.

 

4 dari 4 halaman

Jembrana

Selain itu, gempa juga mengguncang wilayah Jembrana, Bali. Pusat gempa berada di laut 167 kilometer barat daya Jembrana.

Lokasi gempa berada pada 9.72 Lintang Selatan-113.97 Bujur Timur. Lindu ini terjadi pada pukul 17.21 WIB.

Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5 dengan kedalaman 10 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG