Sukses

Upaya BNPB Cegah Kebakaran Hutan

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, 99 persen kebakaran hutan di Riau akibat ulah manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, 99 persen kebakaran hutan di Riau akibat ulah manusia. Untuk itu BNPB akan melaksanakan operasi yang melibatkan pasukan gabungan. Mereka bertugas melaksanakan pencegahan, penggalangan dan penertiban.

"Satgas ini ditempatan di daerah yang sering terjadi kebakaran hutan, serta Polri harus lebih berani dalam penegakan hukum," ujar Doni di Riau, Selasa (13/8/2019).

Selain itu, kata dia, melaksanakan pembinaan masyarakat dengan menyentuh hatinya agar tidak membakar hutan. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan memberikan bibit-bibit pohon dan polyback dari bahan singkong untuk di tanam.

Kepala BNPB, Doni Monardo bersama Menteri LHK Siti Nurbaya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto memantau langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan, di provinsi Riau pada Senin, 12 Agustus 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sanksi Belum Maksimal

Penindakan hukum terhadap pelaku pembakaran masih belum maksimal. Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan beri ancaman dan penindakan terhadap pemain-pemain yang sering membakar hutan.

"Siapa saja berhak tangkap tangan terhadap pelaku pembakaran untuk kemudian di serahkan kepada polisi," kata Tito.

Selain itu, Panglima TNI juga akan menambah pemadaman hutan dari udara. "Rencana pemadaman kebakaran hutan dengan menggunakan Hercules" terang Hadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.