Jokowi Serahkan Sapi Ongole 1 Ton ke Kebun Raya Bogor

Oleh Lizsa Egeham pada 11 Agu 2019, 08:46 WIB
Diperbarui 11 Agu 2019, 08:46 WIB
Jokowi Serahkan Sapi Ongole 1 Ton ke Kebun Raya Bogor (Liputan6/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyerahkan satu ekor sapi seberat 1 ton kepada Kebun Raya Bogor. Sapi yang diserahkan Jokowi tersebut merupakan peranakan Ongole, Indonesia.

Berdasarkan pantauan, Jokowi menyerahkan satu ekor sapi usai melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor, Minggu (11/8/2019). Penyerahan juga disaksikan langsung oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Sapi asal Subang Jawa Barat ini diserahkan secara simbolis oleh Jokowi kepada Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko. Sapi tersebut rencananya baru dipotong di area Kebun Raya Bogor, Selasa 13 Agustus 2019.

Usai penyerahan, Jokowi ditemani Iriana sempat mengelus tanduk sapi tersebut. Kemudian, keduanya meninggalkan lokasi dan menuju Istana Bogor.

Di momen Idul Adha ini, Jokowi tak menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Dia mengaku hanya memiliki acara khusus dengan Iriana.

"Ada nanti dengan bu Iriana," ucap Jokowi di lokasi.

2 dari 2 halaman

Sumbang Kurban di Berbagai Daerah

Tak hanya di Kebun Raya Bogor, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya Surabaya dan Ambon. Mantan Wali Kota Solo itu pun menyumbang sapi jenis limosin seberat 1,7 ton untuk dikorban di Masjid Istiqlal.

Kemudian, dia menyumbang dua ekor sapi untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dua ekor sapi kurban ini diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk disalurkan.

Sapi sumbangan dari Presiden Jokowi ini secara simbolik diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY, Pakualam X ke dua lokasi. Sapi pertama berjenis Simetal berbobot 1.180 kilogram sumbangan Jokowi diserahkan ke Takmir Masjid Nur Maunah, Gunungkidul.

Sedangkan seekor sapi jenis Peranakan Ongole (PO) dengan bobot 1.037 kilogram sumbangan dari Jokowi diserahkan Pakualam X ke Takmir Masjid Istana Negara Gedung Agung.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait