Megawati: Regenerasi PDIP Sudah Ada Regulasinya

Oleh Liputan6.com pada 10 Agu 2019, 21:21 WIB
Megawati

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjawab isu regenerasi pimpinan partai. Setelah, Megawati tidak mengukuhkan struktur ketua harian dan wakil ketua umum dalam masa jabatan 2019-2024.

Megawati mengatakan, regenerasi sudah ada regulasi dalam internal partai. Dia mengatakan, regenerasi itu adalah proses dari bawah.

"Mengenai regenerasi sebenarnya di PDIP itu regulasinya itu sudah ada. Jadi dari sejak mulai yang lebih proper itu sejak berpindah berganti nama menjadi PDI Perjuangan, itu sudah ada sebuah proses baku di dalam regenerasi," kata Mega menjawab pertanyaan wartawan dalam penutupan Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Sabtu (10/8/2019).

Mega menyebut, proses dari bawah itu hanya dimiliki PDIP. Dia pernah bertanya kepada anggota partai lain, tidak ada sistem seperti partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Dia menjelaskan, di PDIP ada struktur dari tingkat akar rumput alias anak ranting. Pengambilan keputusan itu dilakukan dari tingkat terbawah itu hingga dibawa ke forum tertinggi, Kongres.

"Maka itu dilakukan rapat-rapat dari bawah yang harus mengambil aspirasi dari masyarakat, bagian dari rakyat yang bersifat PDI Perjuangan maupun juga tidak boleh saja siapa. Nah maka ditampung dibawa rapat terus ke atas. Sehingga kami bisa mengetahui secara berjenjang," jelas Megawati.

 

2 of 3

Prosesnya Cukup Berat

Pengurus DPP PDIP
Megawati Soekarnoputri (tengah) selaku Ketua Umum terpilih mengumumkan dan melantik susunan pengurus DPP PDIP periode 2019-2024 dalam hari terakhir Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Sabtu (10/8/2019). Struktur pengurus tetap sejumlah 27 posisi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Proses pengangkatan kader dari tingkat bawah pun melalui proses yang cukup berat. Ada proses uji kepatutan dan kelayakan sampai wawancara. Kemudian kembali melalui proses kristalisasi dengan psikotes.

Tes tersebut, kata Megawati untuk mencari calon pemimpin dari PDI Perjuangan. Jalannya pun tidak mudah karena melalui ilmu psikologi.

Ditambah, calon pemimpin itu akan menjalani kursus kader. Para kader yang akan dan sudah direkrut akan digembleng di sekolah partai.

"Itulah cara PDIP merekrut yang namanya kader untuk nanti memperbanyak mereka yang bisa dijadikan pemimpin maupun calon-calon pemimpin yang didatangkan dari PDI Perjuangan," Mega memungkasi.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓