Parkir Masjid Istiqlal Direnovasi, Jemaah Salat Id Diimbau Naik Kendaraan Umum

Oleh Yopi Makdori pada 10 Agu 2019, 20:21 WIB
Diperbarui 10 Agu 2019, 20:21 WIB
Masjid Penuh, Jamaah Salat Idul Adha di Pelataran Istiqlal

Liputan6.com, Jakarta - Pelataran dan area parkir Masjid Istiqlal sedang dalam tahap renovasi. Oleh karenanya, menurut Wakasi Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah, dipastikan akan terjadi penyempitan area parkir bagi jemaah yang hendak salat Idul Adha besok, Minggu 11 Agustus 2019.

"Parkir yang depan Gereja Katedral itu ditutup, nggak bisa digunakan masyarakat. Yang ada hanya di pintu As Salam Jalan Juanda, di depan Gedung Pertamina. Itu (menampung) kendaraan nggak sampai 200," kata Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2019).

Maka dari itu, lanjut Abu, warga yang berniat menjalankan ibadah salat Idul Adha di Masjid Istiqlal diimbau untuk menggunakan kendaraan umum karena keterbatasan lahan parkir.

Kalaupun menggunakan kendaraan pribadi untuk salat Idul Adha, diharapkan parkir di gedung-gedung di sekitar Masjid Istiqlal.

Pengurus Masjid Istiqlal telah menyediakan lahan parkir di beberapa gedung sekitar masjid tersebut. Menurut Abu, pengurus menyediakan parkir seperti di pelataran Gereja Katedral.

"Kami sudah koordinasi dengan Gedung Pertamina itu bisa dipakai (parkir), Kementerian Agama dekat Lapangan Banteng juga bisa, Hotel Borobudur, Lapangan Banteng dan sekitarnya, Kantor Pos, bahkan di Katedral sendiri masayarakat bisa gunakan lahan parkirnya," ungkap Abu.

2 dari 3 halaman

150 Ribu Jemaah

20150924-Salat idul Adha di Masjid Istiqlal
Seorang Jemaah melaksanakan salat sunah jelang mengikuti salat Idul Adha 1436 H di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (24/9/2015). Salat Id dipimpin Imam Hasanudin dan khotbah disampaikan oleh Amin Abdullah. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dia memperkirakan, akan ada sekitar 150 ribu jemaah yang menjalankan ibadah salat Idul Adha di Masjid Istiqlal besok. Hal ini mengingat banyak masyarakat yang tidak melakukan mudik ke kampung halaman.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan saf di lantai utama dianjurkan untuk datang (lebih awal), kalau bisa salat Subuh di Masjid Istiqlal. Kalau datang jam 6 itu pasti tempatnya di lantai dasar," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓