Sukses

Parkir Masjid Istiqlal Direnovasi, Jemaah Salat Id Diimbau Naik Kendaraan Umum

Kalaupun menggunakan kendaraan pribadi untuk salat Idul Adha, diharapkan parkir di gedung-gedung di sekitar Masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Pelataran dan area parkir Masjid Istiqlal sedang dalam tahap renovasi. Oleh karenanya, menurut Wakasi Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah, dipastikan akan terjadi penyempitan area parkir bagi jemaah yang hendak salat Idul Adha besok, Minggu 11 Agustus 2019.

"Parkir yang depan Gereja Katedral itu ditutup, nggak bisa digunakan masyarakat. Yang ada hanya di pintu As Salam Jalan Juanda, di depan Gedung Pertamina. Itu (menampung) kendaraan nggak sampai 200," kata Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2019).

Maka dari itu, lanjut Abu, warga yang berniat menjalankan ibadah salat Idul Adha di Masjid Istiqlal diimbau untuk menggunakan kendaraan umum karena keterbatasan lahan parkir.

Kalaupun menggunakan kendaraan pribadi untuk salat Idul Adha, diharapkan parkir di gedung-gedung di sekitar Masjid Istiqlal.

Pengurus Masjid Istiqlal telah menyediakan lahan parkir di beberapa gedung sekitar masjid tersebut. Menurut Abu, pengurus menyediakan parkir seperti di pelataran Gereja Katedral.

"Kami sudah koordinasi dengan Gedung Pertamina itu bisa dipakai (parkir), Kementerian Agama dekat Lapangan Banteng juga bisa, Hotel Borobudur, Lapangan Banteng dan sekitarnya, Kantor Pos, bahkan di Katedral sendiri masayarakat bisa gunakan lahan parkirnya," ungkap Abu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

150 Ribu Jemaah

Dia memperkirakan, akan ada sekitar 150 ribu jemaah yang menjalankan ibadah salat Idul Adha di Masjid Istiqlal besok. Hal ini mengingat banyak masyarakat yang tidak melakukan mudik ke kampung halaman.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan saf di lantai utama dianjurkan untuk datang (lebih awal), kalau bisa salat Subuh di Masjid Istiqlal. Kalau datang jam 6 itu pasti tempatnya di lantai dasar," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.