Idul Adha 2019: Masjid Istiqlal Tak Bagi Kupon, Tapi...

Oleh Liputan6.com pada 10 Agu 2019, 15:57 WIB
Diperbarui 10 Agu 2019, 15:57 WIB
20150923- Jelang Shalat Ied, Masjid Istiqlal Bersih-bersih-Jakarta
Perbesar
Pekerja sedang membersihkan karpet untuk penyelenggaraan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (23/9/2015). Pemerintah menetapkan Idul Adha 10 Zulhijah 1436 Hijriah pada Kamis 24 September 2015. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan sejumlah menteri menitipkan hewan kurban pada Idul Adha 2019 ke Masjid Istiqlal.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar mengatakan, hewan kurban yang disumbangkan oleh Wapres JK, berupa satu sapi yang memiliki berat sebesar satu ton. Sedangkan, Jokowi menyumbang satu sapi yang beratnya lebih dari satu ton.

"Wapres satu ton dan Presiden lebih besar dari satu ton," ujar Nasarudin Umar ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Menurut dia, hewan kurban ini akan dipotong usai salat Idul Adha. Namun, tak seperti tahun sebelumnya, pengurus Masjid Istiqlal tidak akan membagikan kupon daging kurban.

Nasarudrin Umar mengatakan, pihaknya akan menyalurkan daging-daging kurban itu ke lembaga dan masjid untuk diberikan ke masyarakat.

"Kita tidak ingin membagikan kupon, tapi kita menyerahkan ke lembaga-lembaga dan masjid-masjid. Nanti mereka lah yang menyalurkan," kata dia.

Dia menuturkan Masjid Istiqlal punya alasan sendiri tidak membagikan kupon saat Idul Adha. Yaitu, mereka tidak ingin kupon diterima oleh orang yang tidak membutuhkan.

"Supaya lebih terjangkau kepada orang yang tepat," jelas Nasarudrin Umar.

 

2 dari 3 halaman

Siap Laksanakan Kurban

Masjid Istiqlal Tidak Membagikan Langsung Daging Kurban
Perbesar
Masjid Istiqlal pada perayaan Idul Adha 1435 Hijriah ini tidak lagi memberikan daging kurban secara langsung pada orang-orang yang berhak menerimanya.

Pengurus Masjid Istiqlal sendiri sudah menyiapkan persiapan menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha.

"Kita sudah siap semua. Jauh-jauh hari sudah siap," kata Nasarudin Umar.

Pada tahun ini yang menjadi imam salat Idul Adha di Masjid Istiqlal adalah Ustad Ahmad Husni Ismail. Sementara yang menjadi khatib yaitu, pimpinan pondok pesantren Darul Quran, Yusuf Mansur.

"Imamnya Pak Husni Ismail dan khatibnya pimpinan pondok pesantren, Yusuf Mansur," ucap Nasarudin Umar.

 

(Desti Gusrina)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓