Dinding Blok G Tanah Abang Retak, Pasar Jaya Kebut Bangun Penampungan Sementara

Oleh Delvira Hutabarat pada 10 Agu 2019, 11:34 WIB
Diperbarui 12 Agu 2019, 03:13 WIB
Masyarakat Serbu Tanah Abang Jelang Lebaran 2019

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi Pasar Tanah Abang Blok G semakin memprihatinkan. Selain sepi pembeli, bangunan pasar itu retak.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, yang terjadi di Pasar Blok G bukanlah retakan bangunan.

Dia menjelaskan, di Blok G Tanah Abang sebenarnya ada dua bangunan yang berdempetan. Karena faktor usia, salah satu bangunan itu mengalami penurunan muka tanah.

"Itu sudah lama ada, itu dua bangunan berbeda yang berdempetan," kata Arief saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Arief menyatakan, Pasar Jaya sedang mengebut pembangunan tempat pedagang sementara (TPS) di area parkir Blok G Tanah Abang. Dia menargetkan, TPS ini akan selesai awal 2020 agar bangunan yang retak itu bisa dihancurkan untuk diperbaiki.

"Saat ini kita kebut pembangunan TPS yang akan selesai di 2020 awal, sehingga bangunan existing akan dibangun ulang," ucap Arief.

 

2 dari 2 halaman

Usia Bangunan 20 Tahun

Blok G Tanah Abang Bakal Dirobohkan
Sejumlah orang duduk dengan latar belakang Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (7/3). Sebelum dirobohkan, Pemprov DKI harus memastikan terlebih dulu relokasi pedagang di Blok G Pasar Tanah Abang sudah bisa dilakukan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kini, dari 1100 pedagang tersisa 300 pedagang yang masih berjualan di Blok G. Sebagian besar pedagang sudah direlokasi. Sementara sisanya akan ditempatkan di TPS. "Kami juga segera melakukan pengecekan tentang keamanan gedung tersebut," katanya.

Adapun bangunan Pasar Blok G Tanah Abang, telah berusia 20 tahun. Dengan usia yang cukup tua itu, Arief menyatakan memang sudah seharusnya perbaikan gedung dipercepat. "Sebaiknya akan kita percepat," tandasnya

Sebelumnya diketahui, untuk renovasi Pasar Blok G Tanah Abang, Pemprov DKI mengucurkan dana sebesar Rp 32 miliar dengan target waktu pengerjaan satu tahun.

 

Lanjutkan Membaca ↓