Sukses

Soal Penertiban Ojek Online Mangkal, Anies: Nanti dengan Dishub Saja

Dia menjelaskan, saat ini yang terpenting dishub mengatur tempat para ojol menjemput penumpangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan kepada Dinas Perhubungan terkait penertiban ojek online atau ojol yang kerap mangkal dan menyebabkan kemacetan. 

"Nanti dengan dishub aja," kata Anies usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Dia menjelaskan, saat ini yang terpenting dishub mengatur tempat para ojol menjemput penumpangnya. Sebab yang terlihat di lapangan saat ini para ojek online lebih banyak menjemput di beberapa lokasi.

"Sekarang tergantung skalanya aja. Satu ojol dengan 100 ojol jadi beda kan. Karena yang penting adalah sistem lokasi jemputan," ungkap Anies.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo akan menerapkan sejumlah pola untuk menertibkan ojek online yang kerap mangkal dan menyebabkan kemacetan.

Salah satunya dengan menggelar operasi lingkar badai. Nantinya, anggota Dishub DKI dan Dirlantas Polda Metro Jaya akan patroli bersama.

"Anggota kami yang melingkar. Misalnya di Sudirman-Thamrin dan Merdeka Barat itu mereka mengatur ojol untuk tidak parkir di lokasi-lokasi tadi. Sehingga mereka akan didorong untuk keluar dari titik yang menyebabkan kemacetan," kata Syafrin di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu 7 Agustus 2019.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.