Sukses

Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan, Paskibraka Riau Kesulitan Latihan

Kebakaran hutan dan lahan masih menghantui, paskibraka Provinsi Riau harus latihan menggunakan masker.

Fokus, Riau - Satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan menggunakan helikopter guna memadamkan sejumlah titik api yang berada di Ogan Ilir, Suamatra Selatan. Sementara itu, petugas gabungan terus memadamkan api yang telah mendekati rumah warga di Kabupaten Aceh Barat.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (9/8/2019), petugas BPBD dan TNI yang dibantu warga berjibaku memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Seneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Angin yang bertiup kencang, membuat api meluas hingga menjalar mendekati rumah-rumah warga hingga Jumat pagi. Kebakaran lahan di Kecamatan Bubon, Mereubo dan Johan Pahlawan diperkirakan mencapai 60 hektar.  

"Kami melaksanakan pembatasan terutama yang mengarah ke perumahan," ujar Danramil Johan Pahlawan Kapten Inf Sudarsono.  

Dampak terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, sejumlah anggota paskibraka Provinsi Riau terpaksa menggunakan masker untuk latihan di pusat Kota Pekanbaru akibat terpapar kabut asap.

Meski begitu, para peserta tetap semangat berlatih meski kualitas udara terus memburuk.  

"Memang mengganggu pernapasan karena sesak ya. Namun kami akanhadapi untuk mengibarkan sang saka merah putih," kata anggota Paskibraka Provinsi Riau, Kevin.