12 Orang Diduga Terlibat Kasus Suap Impor Bawang Kena OTT KPK

Oleh Muhammad Ali pada 09 Agu 2019, 08:38 WIB

Fokus, Jakarta - Mobil yang membawa anggota Komisi VI DPR Nyoman Dhamantra tiba di Gedung KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kamis sore.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (9/8/2019), Nyoman ditangkap petugas KPK di Bandara Soekarno-Hatta karena diduga kuat terlibat kasus suap. Penangkapan politisi PDIP tersebut merupakan tindak lanjut dari operasi tangkap tangan (OTT) sejak Rabu malam hingga Kamis siang terhadap 11 orang.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, selain anggota DPR, penyidik KPK juga mengamankan 11 orang mulai dari pengusaha impor, sopir hingga orang kepercayaan Nyoman. Mereka diamankan dari beberapa lokasi karena diduga terlibat dalam kasus suap terkait dengan rencana impor bawang putih dan produk holtikultura lainnya.

"Transaksi ini terjadi dalam bentuk transfer bank dan juga kami duga ada pelibatan money changer yang ini ditujukan untuk salah satu anggota Komisi V DPR terkait dengan impor bawang putih," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Dalam OTT ini penyidik juga mengamankan sejumlah uang tunai dalam bentuk pecahan dolar Amerika Serikat dan bukti transfer bank yang ditujukan kepada oknum anggota DPR senilai Rp 2 miliar.

Hingga Kamis sore, ke-12 orang tersebut masih menjalani pemeriksaan intensif di ruangan penyidik KPK. Penyidik memiliki waktu selama 1x24 jam untuk memastikan status hukum mereka.