Kembali Jabat Ketum PDIP, Megawati: Berat, tapi Demi Bangsa Saya Terima

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 08 Agu 2019, 23:39 WIB
Megawati Sampaikan Pentingnya Menjaga Keutuhan Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mendapatkan permintaan secara resmi dari pengurus partainya, Megawati Soekarnoputri diambil sumpahnya menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024.

Pengambilan sumpah itu dilakukan dalam rapat pleno Kongres V PDI Perjuangan (PDIP) yang dilaksanakan secara tertutup pada Kamis (8/8/2019) malam.

Awalnya, dalam sidang yang dipimpin Soerjo Respationo, seluruh pengurus cabang dan daerah menyampaikan sikap dan pandangannya. Pengurus PDIP dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri dibagi menjadi 9 zona. Yakni Sumatera, Sulawesi, Papua, Pulau Jawa dan Bali, Kalimantan, Maluku dan Maluku Utara, Propinsi Aceh, DPLN Zona Eropa dan Amerika Serikat, dan DPLN Zona Asia.

Masing-masing pengurus wilayah pun menyampaikan pemandangannya atas berbagai isu yang dihadapinya masing-masing.

Namun, semua selalu memulai dengan keputusan dari pengurus di tiap zona untuk meminta dan menyetujui agar Megawati Soekarnoputri kembali memimpin partai untuk periode 2019-2024.

Setelah itu, Soerjo lalu menyatakan keputusan bahwa seluruhnya menyetujui keputusan itu. Dan meminta agar Megawati Soekarnoputri bersedia diambil sumpahnya menjadi ketua umum.

"Apakah Ibu Megawati Soekarnoputri bersedia untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024?" tanya Soerjo.

"Ya, saya bersedia," jawab Megawati.

Setelahnya, Megawati menyampaikan sumpahnya sebagai ketua Umum.

Pengambilan sumpah itu selesai, dia pun lalu diminta untuk menyampaikan pidatonya. Diawal penyampaiannya, Megawati mengaku amanah yag diberikan peserta kongres kepada dirinya sungguh berat.

"Meskipun berat sekali tapi karena saya berpikir demi kepentingan bangsa dan negara. Dan alhamdulillah saya diminta secara aklamasi oleh 34 DPD dan sekarang dengan penuh penghormatan dan kehormatan dipilih oleh utusan partai di dalam bagian AD/ART kta yaitu sebuah institusi tertinggi partai yg namanya kongres partai yang kelima," ucap Megawati mengawali pidatonya.

Dia pun menegaskan, mandat itu diterimanya. "Dengan segala hormat tugas ini saya terima," tukasnya.

Setelah berpidato, Megawati pun menerima ucapan selamat dari sejumlah kader dan menyediakan waktu untuk meladeni permintaan swafoto.

 

 

2 of 3

Pidato Menggugah

Sebelumnya, Bendahara DPD PDIP DKI Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, bahwa para kader siap menghadapi tantangan ke depan. Apalagi usai mendengarkan pidato Megawati.

"Pidato Ibu luar biasa. Saya rasa tidak ada Ketua Umum partai manapun bisa melakukan seperti itu, yang membuat kadernya bersemangat menghadapi tantangan ke depan," kata Prasetyo di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Kamis (8/8/2019).

Pria yang juga duduk sebagai Ketua DPRD DKI ini menuturkan, seluruh kader akan menjalankan arahan Megawati sebagai partai pelopor.

"Saya yakin kader akan bersemangat untuk menjadi partai pelopor. Termasuk di DKI. Semua tantangan akan kita hadapi sebagaimana arahan dari Ibu Ketua Umum," ungkap Prasetyo.

Karenanya, pada sidang Komisi yang akan dilakukan besok, Jumat 9 Agustus 2019, akan ditentukan masalah dan solusi yang dilakukan oleh PDIP ini.

"Besok masalah dan solusinya akan dibahas di sidang komisi-komisi. Dan kami akan mencari yang terbaik bagi bangsa dan masyarakat," pungkasnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sah, Megawati Kembali Jabat Ketua Umum PDIP
Tokoh PDIP yang juga Menko PMK Puan Maharani berswafoto bersama awak media usai konferensi pers terkait pengumuman Ketua Umum PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019). Kongres V PDIP secara aklamasi menetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024. (Liputan6.com/JohanTallo)
Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait