Ahok hingga Prabowo Hadiri Kongres V PDIP di Bali

Oleh Devira Prastiwi pada 08 Agu 2019, 16:30 WIB
Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mengusung tema untuk menjadi Partai Pelopor.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia atau PDIP menggelar Kongres V di Inna Bali Beach Resort, Denpasar, Bali. Kongres V PDIP itu digelar pada 8-11 Agustus 2019.

Tak seperti partai lain yang mencari nahkoda untuk pimpinan partai lima tahun ke depan, PDIP kompak satu suara memilih kembali Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri atau Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum.

Kongres V itu hanya untuk mengukuhkannya kembali menjadi pimpinan partai berlogo banteng dan bermoncong putih tersebut.

Rupanya, banyak tokoh yang hadir dalam Kongres V PDIP di Bali ini. Tak hanya Jusuf Kalla atau JK dan Ma'ruf Amin, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga memastikan hadir.

Seperti diketahui, saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersaing dengan Joko Widodo (Jokowi) yang diusung oleh PDIP berpasangan dengan Ma'ruf Amin.

Berikut deretan tokoh yang hadir saat Kongres V PDIP di Bali dihimpun Liputan6.com:

 

2 of 5

Jusuf Kalla

Jokowi - Ma'ruf Amin Hadiri HUT ke-46 PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan cawapres Ma'ruf Amin potong tumpeng saat memperingati HUT ke-46 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/1). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sekitar pukul 08.30 WIB, Jusuf Kalla bertolak ke Bali menggunakan pesawat Kepresidenan BAe-RJ 85. Pesawat yang ditumpangi Jusuf Kalla akan tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada pukul 11.20 Wita.

Setibanya di Bali, Wapres disambut Wakil Gubernur Bali dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali. Lalu Wapres dan rombongan dengan berkendaraan mobil menuju Inna Bali Beach Resort, tempat acara Pembukaan Kongres V PDIP digelar.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar dan Tim ahli Wapres Sofjan Wanandi serta Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Husain Abdullah turut mendampingi Jusuf Kalla dalam rombongan pesawat.

 

3 of 5

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto swafoto bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Prananda Prabowo beserta kader PDIP di lokasi Kongres V PDIP, Kamis (8/8/2019).
Prabowo Subianto swafoto bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Prananda Prabowo beserta kader PDIP di lokasi Kongres V PDIP, Kamis (8/8/2019). (Liputan6.com/ Putu Merta Surya Putra)

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dipastikan hadir dalam pembukaan Kongres V PDIP pada Kamis 8 Agustus 2019.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar kadernya menjaga sikap dan tutur kata saat pembukaan nanti. Hal ini diceritakan oleh Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster, saat membuka acara malam budaya jelang kongres.

"Pada saat undangan memasuki ruang acara, acara pembukaan, mohon agar menyapa dengan ramah, sopan, dan santun, simpati. Jangan mengeluarkan kata-kata yang menyinggung undangan. Apalagi ada undangan terhormat seperti Pak Prabowo yang hadir, jangan sampai ada yang bilang, huuu, jangan gitu. Harus simpati dan berikan tepuk tangan yang meriah kepada Prabowo," ucap Koster.

Prabowo pun menepati janji. Saat Prabowo masuk dalam ruangan Kongres, langsung disambut ,meriah ribuan kader partai berlambang banteng bermoncong putih itu. Prabowo pun juga sempat menyapa tamu-tamu yang hadir.

Usai Prabowo masuk, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga masuk. Kemudian semuanya menikmati sajian tarian, sebagai pembuka.

 

4 of 5

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ngevlog pertama kali usai bebas dari penjara. (Youtube: Panggil Saya BTP)

Tak lama kemudian, mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pun turut masuk ke dalam ruangan Kongres V PDIP. Dia juga mendapatkan sambutan meriah.

Dalam acara ini, turut hadir pula Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua DPR Bambang Soesatyo. Selain itu sejumlah menteri juga hadir.

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓