Sukses

Hari Ini Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Selama 3 Jam

Sehingga PVMBG mengimbau masyarakat untuk menjauh dengan jarak aman 1,5 km dari kawah.

Liputan6.com, Jakarta - Hembusan asap membumbung tinggi dari kawah Gunung Tangkuban Parahu pada Kamis (8/8/2019). Asap itu terpantau hingga ke pos pengamatan sejauh 2 kilometer dari kawah Gunung Tangkuban Parahu di Bandung Barat, Jawa Barat.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan erupsi Gunung Tangkuban Parahu terjadi pukul 11.15 WIB. "Gunung Tangkuban Parahu masih terus menerus erupsi dengan status waspada level II. Dimana erupsi hingga mencapai 200 meter dari kawah," kata Kasbani kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Durasi erupsi kali ini lebih lama karena terjadi hingga pukul 14.30 WIB. Sehingga PVMBG mengimbau masyarakat untuk menjauh dengan jarak aman 1,5 km dari kawah.

Karena erupsi yang belum berhenti, wisata Gunung Tangkuban Parahu ditutup sementara. Meski begitu, lokasi wisata yang berada di perbatasan Bandung Barat dan Kabupaten Subang, Jawa Barat, ini masih tetap jadi daya tarik terutama bagi wisatawan mancanegara.

Namun, sejak erupsi pertama pada 26 Juli 2019 dan erupsi kedua 1 Agustus 2019, lokasi wisata ini ditutup sehingga tidak ada aktivitas sudah lebih dari satu pekan.

 

(Reynaldi Hasan)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.