Sukses

Jokowi, Megawati, JK, Ma'ruf Amin dan Prabowo Duduk Sebaris di Kongres PDIP

Prabowo Subianto menghadiri pembukaan Kongres V PDIP di Bali.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri pembukaan Kongres V PDIP di Bali. Prabowo memenuhi undangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat silahturahmi ke kediaman presiden kelima itu.

Pantauan merdeka.com, Prabowo duduk di kursi VVIP bersama Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, serta Wapres Jusuf Kalla. Eks capres 02 itu duduk disebelah Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin.

Sementara itu, Ketua Umum partai koalisi pendukung Jokowi berada di bagian kiri. Kursi Prabowo, Megawati, Jusuf Kalla, Ma'ruf Amin, dan Prabowo di bagian tengah. Terlihat Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Gubernur Bali Wayan Koster duduk sebelahan dengan para ketua umum koalisi yang hadir, seperti Ketum Nasdem Surya Paloh sampai Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Bagian sebelah kanan juga diisi oleh tamu VVIP seperti Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, sampai Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Waktu kedatangan para tokoh politik nasional itu saling tautan beberapa menit. Tuan rumah, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba di lokasi kedua sebelum Presiden Joko Widodo. Sebelum Megawati, tiba Wapres Jusuf Kalla yang sebelumnya lagi adalah Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Kedatangan Prabowo cukup bikin heboh. Sebab Prabowo dikenal sebagai tokoh utama oposisi dari Jokowi. Prabowo dipanggil dari kerumunan kader dengan seragam serba merah. Kedatangannya disambut tepuk tangan. Sementara Prabowo memberikan gestur hormat saat memasuki arena Kongres. Dia turut ditemani Waketum Gerindra Edhy Prabowo dan Sugiono.

Prabowo menyusul para ketua umum partai koalisi yang hadir terlebih dahulu. Seperti, Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa. Ketum PKB Muhaimin Iskandar absen dan diwakilkan Sekjen Hanif Dhakiri.

Menurut pandangan di lokasi, para tamu undangan menunggu di ruang VVIP dekat pintu masuk ruangan Kongres V. Sempat ada waktu 10-15 menit, Jokowi, Megawati, Prabowo, JK dan Ma'ruf serta ketua umum partai koalisi berada dalam satu ruangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajang Konsolidasi

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tidak memungkiri Kongres V menjadi tempat ketua umum koalisi konsolidasi. Kata dia, forum silahturahmi itu diadakan karena sejak Pilpres 2019 usai para pimpinan belum duduk satu meja.

"PDIP sekaligus mengundang menjadi forum silahturahmi dengan seluruh ketua umum partai politik koalisi Indonesia kerja," ujar Hasto di lokasi Kongres V, Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8/2019).

Hasto tidak menjawab ketika ditanyakan apakah pertemuan para pimpinan partai tersebut akan membahas koalisi dan kabinet baru Jokowi. Dia hanya menyebut para ketua umum akan dihidangkan jamuan khas Bali.

"Nanti bertemu kita sajikan menu khas Bali," ucapnya.

Sementara, Prabowo menjadi bonus dalam pertemuan itu. Gerindra yang selama ini beroposisi justru terlihat erat dengan PDIP. Sebabnya pertemuan Prabowo dengan Jokowi dan Megawati. Muncul pula spekulasi Gerindra bergabung. Hasto mengatakan, kehadiran Prabowo dalam Kongres V PDIP karena politik nasi goreng ala Megawati.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.