Sukses

Sosialisasi Perluasan Ganjil Genap Belum Terlihat Hari Ini

Perluasan ganjil genap juga menyasar kendaraan yang berada pada segmen jalan persimpangan terdekat akses keluar-masuk tol.

Fokus, Jakarta - Kepadatan masih terus terjadi di kawasan ruas Jalan Salemba, Kramat Raya, Senen dan Pramuka, Jakarta Timur.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (8/8/2019), petugas polantas yang bertugas masih sibuk mengatur arus lalu lintas seperti biasanya.

Tidak ada kegiatan sosialisasi perluasan ganjil genap yang dilakukan petugas pada Kamis pagi. Padahal jalur ini merupakan salah satu rute perluasan ganjil genap.

Hal yang sama juga berlaku di ruas Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Masih belum ada petugas ataupun alat peraga sosialisasi perluasan ganjil genap.

Terdapat 16 rute baru kawasan ganjil genap yang tersebar di lima wilayah Jakarta. Kebijakan ini disosialisasikan mulai dari 7 Agustus sampai 8 September 2019. Sementara, uji coba dilakukan pada 12 Agustus sampai 6 September 2019. Dan penindakan akan dilakukan mulai 9 September 2019.

Waktu pelaksanaan ganjil genap dimulai pada pukul 06.00 pagi hingga 10.00 pagi dan pukul 16.00 sore hingga 21.00 malam.

Perluasan ganjil genap juga menyasar kendaraan yang berada pada segmen jalan persimpangan terdekat akses keluar-masuk tol. Atas penerapan kebijakan ini Menteri Perhubungan menyatakan akan mengevaluasi sejumlah aspek.

Pertimbangan perluasan wilayah ganjil genap yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna untuk mengatasi polusi udara yang 70 persen disebabkan asap kendaraan bermotor.