Perjuangan Satgas Gabungan Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kendari

Oleh Maria Flora pada 08 Agu 2019, 12:01 WIB

Fokus, Kendari - Satgas gabungan kebakaran hutan dan lahan terus berjuang memadamkan kebakaran yang terus meluas di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (8/8/2019), luas areal yang terbakar mencapai puluhan hektare. Pemadaman sulit dilakukan karena jauhnya sumber air dan kencangnya tiupan angin. 

Petugas khawatir kebakaran terus merambat hingga ke kawasan permukiman.

Sementara di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, helikopter dikerahkan untuk memadamkan api. Pasalnya, kebakaran lahan di Kota Palangkaraya meluas hingga mendekati permukiman dan perkantoran.

Kencangnya tiupan angin dan luasnya lahan yang terbakar menjadi kendala bagi petugas gabungan yang terus berjuang melakukan pemadaman.

Selain itu, kebakaran hutan dan lahan memghakibatkan Kota Sampit, Kalimantan Tengah, diselimuti kabut asap. Akibatnya, pelajar harus menggunakan masker di sekolah.

Dinas Pendidikan telah mengeluarkan arahan kepada sekolah untuk meniadakan aktivitas di ruang kelas demi kesehatan peserta didik.

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan juga masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Kamis pagi. Untuk beraktivitas di luar ruangan, warga terpaksa menggunakan masker.

Kondisi ini telah terjadi sejak dua pekan terakhir. Pagi ini sejumlah puskesmas ramai dikunjungi warga yang mengeluh sesak nafas dan demam.