Jusuf Kalla Hadiri Pembukaan Kongres V PDIP

Oleh Liputan6.com pada 08 Agu 2019, 09:18 WIB
Tari Gandrung Banyuwangi Ramaikan Kongres PDIP di Bali

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menghadiri menghadiri pembukaan Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Inna Bali Beach Resort, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). Sekitar pukul 08.30 WIB, Jusuf Kalla bertolak ke Bali menggunakan pesawat Kepresidenan BAe-RJ 85.

Pesawat yang ditumpangi Jusuf Kalla akan tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada pukul 11.20 Wita. Setibanya di Bali, Wapres akan disambut Wakil Gubernur Bali dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali.

Lalu Wapres dan rombongan dengan berkendaraan mobil menuju Inna Bali Beach Resort, tempat acara Pembukaan Kongres V PDIP digelar.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar dan Tim ahli Wapres Sofjan Wanandi serta Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Husain Abdullah turut mendampingi Jusuf Kalla dalam rombongan pesawat.

Rencananya, acara Kongres V DPIP dimulai pada pukul 13.00 WIB dan akan dibuka Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri usai menyampaikan pidato politiknya.

Kemudian, akan ada prosesi pemukulan kentongan yang dilakukan Megawati didampingi Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Wapres terpilih Ma'ruf Amin, sebagai tanda peresmian pembukaan Kongres V PDIP.

2 of 3

Prabowo Hadir

Megawati dan Prabowo
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (kiri) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto usai melakukan pertemuan dan makan siang bersama di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

etua Umum Gerindra Prabowo Subianto dipastikan hadir dalam pembukaan Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Kamis 8 Agustus 2019.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar kadernya menjaga sikap dan tutur kata saat pembukaan nanti. Hal ini diceritakan oleh Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster, saat membuka acara malam budaya jelang kongres.

"Pada saat undangan memasuki ruang acara, acara pembukaan, mohon agar menyapa dengan ramah, sopan, dan santun, simpati. Jangan mengeluarkan kata-kata yang menyinggung undangan. Apalagi ada undangan terhormat seperti Pak Prabowo yang hadir, jangan sampai ada yang bilang, huuu, jangan gitu. Harus simpati dan berikan tepuk tangan yang meriah kepada Prabowo," ucap Koster di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali, Rabu (7/8/2019).

Selain itu, kata Koster, Ketua Umum PDIP itu juga meminta agar peserta mengikuti jadwal acara dengan tertib.

"Termasuk makan siang, makan malam, dan snack. Disiapkan di tempat sidang agar tidak menganggu kelancaran sidang. Dan tidak diperkenankan meninggalkan ruang sidang," jelas Koster.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓