Kronologi Bentrokan Suporter Persija dan PSM Makassar di Tebet

Oleh Maria Flora pada 07 Agu 2019, 08:58 WIB

Liputan6SCTV, Jakarta - Acara nonton bareng final Piala Indonesia yang dihadiri dua kelompok seporter klub sepak bola, PSM Makasar dan Persija Jakarta, di sebuah kafe di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, berujung ricuh.

Peristiwa yang terjadi Selasa malam, 6 Agustus 2019 tersebut membuat sebuah mobil yang tengah parkir mengalami kerusakan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (7/8/2019), dalam rekaman video amatir menunjukkan sekelompok pemuda melempari sebuah kafe yang baru saja dijadikan tempat nonton bareng final Piala Indonesia di kawasan Tebet.

Kelompok pemuda di dalam kafe yang diduga suporter PSM Makassar sempat membalas kelompok pemuda yang diduga suporter Persija. Aksi saling lempar menggunakan botol dan batu baru berhenti setelah polisi tiba di lokasi.

Sejumlah saksi menyebutkan, acara nonton bareng final Piala Indonesia antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar awalnya berjalan baik, namun di luar dugaan, saat pertandingan usai dengan kemenangan PSM Makassar, barulah terjadi insiden pelemparan.

Selain merusak hampir seluruh isi kafe, sebuah kendaraan juga menjadi sasaran pelemparan. Insiden tersebut menyita perhatian para pengguna jalan dan memicu kemacetan di sekitar lokasi. Kini, polisi tengah menelusuri rekaman kamera pengawas (CCTV) untuk mengungkap penyebab, sekaligus menangkap pemicu kericuhan. (Galuh Garmabrata)