Sukses

Mbah Moen Akan Dimakamkan di Pemakaman Ma'la Makkah

KH Makmoen Zubair (90) saat ini telah dibawa ke Masjidil Haram untuk disalatkan.

Liputan6.com, Makkah -  KH Maimun Zubair atau Mbah Moen (90) rencananya akan dimakamkan di pemakaman Ma'la, usai disalatkan di Masjidil Haram, Makkah. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Mbah Moen sebelumnya tidak mengeluh sakit apapun, bahkan sampai tadi malam masih berdialog terus dengan keluarganya.

Hal itu Menag sampaikan di Kantor Urusan Haji Daker Mekah, seusai mengikuti salat jenazah Mbah Moen.

"Subhanallah, beliau cepat sekali berpulang dan dengan cara yang sangat baik, sama sekali tidak ada yang direpotkan oleh kepulangan beliau," jelas Menag, Selasa (6/8/2019).

KH Maimun Zubair (90) yang wafat sekitar pukul 04.17, Selasa (6/8) waktu Arab Saudi, saat ini telah dibawa ke Masjidil Haram untuk disalatkan.

"Beliau juga sebelumnya tidak mengeluhkan rasa sakit tertentu, bahkan kesaksian para kerabatnya, keluarganya sampai malam beliau masih berdialog, masih, tidak ada tanda-tanda beliau pulang dan ini juga yang beliau kehendaki, beliau ingin berpulang di hari selasa," dia menambahkan.

Sebelumnya tampak puluhan pelayat masih memenuhi Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Mekah untuk ikut melakukan salat jenazah, dengan imam solat KH Anwar Mansyur.

Jenazah kemudian dilepas untuk dibawa menuju Masjidil Haram dan disolatkan usai salat Zuhur. Pelepasan dipimpin Menag. 

Rencananya Mbah Moen dimakamkan di pemakaman Ma'la ( daerah jafariyah ) Makkah.

Menurut salah seorang pelayat, KH Makmoen Zubair datang ke Makkah bersama isterinya Heni Maryam (80), dan ajudannya.

Mbah Moen tiba di Makkah pada Senin (29/7) tergabung bersama haji khusus.

Menurut Dokter Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Edi Supriyatna, Mbah Moen meninggal sekitar pukul 04.17 waktu Arab Saudi di RS Al Noor Mekah.

RS Al Noor mengeluarkan tabliq wafat, dan dari KKHI mengeluarkan CoD (Certificate of Death).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.