Sukses

Payung Geulis Tasikmalaya Laris Manis di Serbu Warga Moskow

Payung geulis khas Tasikmalaya menjadi rebutan warga Moskow ketika Festival Indonesia 2019 di Krasnaya Presnya.

Liputan6.com, Jakarta Anjungan Jawa Barat dalam Festival Indonesia 2019 di Krasnaya Presnya, sukses mencuri perhatian warga Moskow, Rusia. Berbagai produk tradisional Jawa Barat turut hadir dalam Festival Indonesia 2019 yang digelar Jumat – Minggu (2-8/8/19) waktu setempat.

Selama tiga hari event, warga Moskow selalu memadati berbagai anjungan termasuk dari Jawa Barat. Salah satu warga yang berkunjung, Vasily (48), mengaku sangat puas karena telah memboyong dua buah payung geulis tradisional Tasikmalaya. “Payung ini sangat cantik dan indah sekali, saya bawa pulang satu lagi. Istri saya pasti suka,” kata dia.

Festival yang bertemakan “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise” menampilkan pameran berbagai produk Indonesia, seperti kopi, pakaian, aksesori, kuliner nusantara, kerajinan, dan lainnya.

Berbagai pagelaran seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia juga turut digelar, baik itu lagu, tarian, maupun permainan alat musik, termasuk gamelan dan wayang kulit.

Festival Indonesia 2019 didukung Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Pariwisata Indonesia, Pemerintah Kota Moskow, Taman Krasnaya Presnya, dan sejumlah lembaga pemerintah, termasuk swasta dari Indonesia dan Rusia.

Menurut Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Kamil, antusiasme warga Moskow sangat luar biasa. “Bahkan ada yang tiga hari berturut-turut warga Moskow selalu hadir di anjungan Jawa Barat, mudah-mudahan ini semakin menambah motivasi dan kecintaan kita terhadap produk kerajinan Jawa Barat,” ujarnya usai penutupan Festival Indonesia 2019, Minggu (4/8/19).

Antusiasme tersebut selain karena beragamnya produk-produk yang ditawarkan, juga karena Dekranasda Provinsi Jawa Barat membagi-bagikan suvenir menarik secara gratis, di antaranya payung geulis, pouch batik, serta beragam gantungan kunci khas Jawa Barat.

Payung geulis paling mendapat perhatian masyarakat di sana. Produk khas dari Tasikmalaya ini menjadi rebutan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Payung warna-warni ini juga menjadi ornamen utama dari gerbang Anjungan Jawa Barat sehingga menjadi ikon tersendiri di Festival Indonesia 2019 ini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini