Sukses

Sikap Istikamah Berpolitik Mbah Maimun Zubair Jadi Teladan Kader PPP

Mbah Maimun Zubair selalu setia dengan partai berlambah kakbah, tanpa sedikit pun berpaling ke partai lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH Maimun Zubair atau Mbah Moen meninggal dunia di Makkah. Pengurus partai berlambang kakbah di Jawa Tengah menyebut Mbah Moen merupakan sosok yang istakamah dalam berpartai.

"Saya mengagumi keistikamahan Mbah Moen dari sisi partai. Siapa pun mengakui sikap itu karena ketika PPP berdiri beliau di PPP, ketika partai ini banyak terjadi perpecahan di era reformasi juga beliau tetep kokoh di PPP," kata Wakil Sekretaris DPW PPP Jawa Tengah, Arif Sahudi, Selasa (6/8/2019).

Menurut dia, keteguhan sikap Mbah Moen dalam berpartai memang cukup menjadi contoh bagi para kader dan pengurus PPP. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang itu selalu setia dengan partai berlambah kakbah, tanpa sedikit pun berpaling ke partai lain.

"Ini sosok-sosok bagi kita orang PPP yang menjadi suri tauladan dalam posisi apapun, dalam keadaan apapun, kita harus senantiasa istikamah di PPP dalam rangka untuk menjaga PPP sebagai partai yang didirikan ulama agar tetap tegak berdiri," tegasnya.

Arif pun mengungkapkan selain sikap tersebut, sosok Mbah Moen juga dikenal sebagai ahli fiqh. Bahkan, ayahanda dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin itu juga menjabat sebagai Mustasyar di PBNU.

"Dari sisi keulamaan beliau itu luar biasa, ahli fiqh dan macam-macam. Itu tidak ada yang menyangsikan keulamaan beliau," ucapnya.

Arif sendiri mengaku terakhir kali bertemu dengan Mbah Moen saat mendampingi dalam pengajian akbar di Kantor PCNU Solo pada pertengahan bulan Juli lalu.

"Saat itu saya menemui beliau di hotel dan di PCNU Solo saat pengajian," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mbah Moen Wafat

Ulama besar Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen wafat di Makkah al Mukaromah. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, wafat usai menunaikan Salat Subuh.

Mbah Moen wafat sekitar pukul 04.30 waktu setempat, Selasa (6/8/2019), di Rumah Sakit Ann Nur, Makkah.

Bahkan, malam sebelum wafat, Mbah Moen sempat menerima Duta Besar Indonesia di Saudi Arabia, Agus Maftuh Abegebriel.

"Beliau tidak sakit, sampai tadi malam masih terima tamu di Makkah," kata Sekjen PPP Arsul Sani kepada Liputan6.com, Selasa (6/8/2019).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.