Sukses

Jokowi: Maimun Zubair Kiai Karismatik Gigih Jaga NKRI

Jokowi menyebut dirinya dan masyarakat Indonesia sangat kehilangan atas wafatnya Mbah Moen.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya ulama besar Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen. Jokowi menyebut dirinya dan masyarakat Indonesia sangat kehilangan atas wafatnya Mbah Moen.

"Innalilahi wa innailihi rajiun. Telah berpulang ke Allah SWT, Kiai Haji Maimun Zubair di Mekkah tadi pagi. Oleh sebab itu kita sangat kehilangan, saya atas nama pemerintah, seluruh rakyat Indonesia kita semua betul betul berbela sungkawa, atas wafatnya beliau," ucap Jokowi di Istana Negara Jakarta, Selasa (6/8/2019).

"Semoga bisa diterima di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dam keikhlasan," sambungnya.

Menurut Jokowi, Mbah Moen merupakan seorang kiai karismatik yang selalu menjadi rujukan bagi umat Islam. Selain itu, Mbah Moen adalah sosok yang sangat gigih dalam menjaga NKRI.

"Kita tahu bahwa beliau adalah kiai karismatik, kiai yang selalu menjadi rujukan rujukan bagi umat islam, terutama dalam hal fikih, dan beliau juga sangat gigih dalam menyampaikan masalah NKRI harga mati," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wafat Diusia 91 Tahun

Ulama besar Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen wafat di Makkah al Mukaromah. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, wafat usai menunaikan Salat Subuh.

Mbah Moen wafat sekitar pukul 04.30 waktu setempat, Selasa (6/8/2019), di Rumah Sakit Ann Nur, Makkah.

Bahkan, malam sebelum wafat, Mbah Moen sempat menerima Duta Besar Indonesia di Saudi Arabia, Agus Maftuh Abegebriel.

"Beliau tidak sakit, sampai tadi malam masih terima tamu di Makkah," kata Sekjen PPP Arsul Sani kepada Liputan6.com, Selasa (6/8/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.