Sukses

Digelar 9 Kali, Tahun Ini Banyuwangi Beach Jazz Festival Tawarkan Suasana Baru

Acara ini bakal digelar pada Jumat 9 Agustus 2019.

 

Liputan6.com, Jakarta Banyuwangi Beach Jazz Festival (BBJF) siap menawarkan sisi lain untuk penikmat musik. Kali ini, BBJF bakal menghadirkan musisi papan atas, Glenn Fredly dengan lokasi acara di Pantai Boom Marina, berlatar belakang Selat Bali. 

Acara yang digelar pada Jumat 9 Agustus 2019 ini siap memeriahkan para pecinta musik. Perpaduan alunan jazz dan deburan ombak, serta keindahan pantai, menambah semarak suasana BBJF. 

"Konser jazz ini akan dihelat di amfiteater Pantai Marina Boom yang langsung berseberangan dengan dermaga laut. Kami tawarkan suasana lain. Baik dari suasana alam terbuka hingga kolaborasi dengan pemusik lokal," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. 

Jazz pantai yang dihelat tiap tahun oleh Pemkab Banyuwangi ini memasuki pelaksanaan ke-9. Tahun ini artis Glenn Fredly menjadi line up tunggal untuk menghibur para pecinta musik jazz di Pantai Marina Boom. Dijadwalkan, Glenn akan tampil penuh selama dua jam dengan suguhan lagu-lagu romantis miliknya. 

Anas menjelaskan, BBJF kembali digelar di Pantai Marina Boom karena sejumlah fasilitas di tempat tersebut semakin baik, terutama lokasi amfiteater. 

"Pembangunan Pantai Marina Boom dilakukan secara bertahap, dan kini sejumlah fasilitas yang ada di sana selesai dikerjakan, termasuk amfiteaternya. Jadi ini sekaligus mengenalkan perkembangan wajah baru Pantai Marina Boom yang tengah direnovasi oleh PT. Pelindo untuk menjadi dermaga yacht (kapal layar ringan)," kata Anas. 

Pantai Marina Boom Banyuwangi adalah destinasi wisata bahari yang ada di tengah kota Banyuwangi. Di kawasan ini tengah dibangun dermaga dengan segala fasilitas pendukung yacht.

Dermaga yang dibangun atas kerja sama PT. Pelindo Properti Indonesia dan Pemkab Banyuwangi ini menjadi dermaga kapal pesiar terintegrasi pertama di Indonesia.

Tampilan Pantai Marina Boom kini mulai berubah. Pantai itu kini menjadi pusat aktivitas warga untuk menghabiskan waktu luangnya. Sejumlah landmark ikonik dibangun, seperti jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral.

Pun rumah lawas peninggalan zaman Belanda juga dipugar dan dipercantik sekitarnya. Tak heran, kawasan ini dikenal sebagai lokasi yang instagramable.  

Ditambahkan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Suyanto Waspo Tondo, sebelum penampilan Glenn Fredly tampil, panggung jazz pantai akan dimeriahkan dengan penampilan musisi jazz muda asal Banyuwangi. Mereka adalah pemenang Banyuwangi Student Jazz Festival 2018 dan grup musik Jazz Temenggungan. 

"Mereka mengolaborasikan musik jazz dengan tradisional. Tonton saja, pasti akan menarik. Sore mereka, jeda salat magrib. Lalu malam akan dilanjutkan dengan penampilan Glenn Fredly," kata Yayan, sapaan akrab Suyanto. 

Selama Agustus 2019 ini, beragam festival juga akan digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival. Di antaranya Festival Selat Bali (7 Agustus), Festival Lembah Ijen (17 Agustus), dan Indonesia Channel (13 Agustus). 

Yayan menjelaskan, Indonesia Channel merupakan malam puncak sekaligus penutupan program Beasiswa Seni dan Budaya (BSBI), berupa pagelaran seni dan budaya kolosal yang digelar oleh Kementerian Luar negeri RI.

"Program BSBI ini diikuti puluhan peserta dari manca negara. Rencananya Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi akan hadir pada acara tersebut. Selain itu, masih ada event Festival Merah Putih (17 Agustus) dan Student Jazz Festival pada 24 Agustus," jelas Yayan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini