Sukses

Gelar Forum Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Arah Politik, Tetap Oposisi?

Sohibul mengatakan, saat ini kadernya menginginkan PKS berada dibarisan oposisi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengatakan partainya akan menentukan arah politiknya di pemerintahan pada forum Majelis Syura. Rencananya, forum tersebut akan digelar Oktober 2019 mendatang.

"(Forum Majelis Syura kapan?) Oktober awal," kata Sohibul di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Sebagai pimpinan partai, Sohibul memang mengusulkan awal Oktober. Namun, semua itu tetap mengacu pada keputusan kader PKS lainnya.

"Ya kalau saya sebagai eksekutif mengusulkan sebelum pelantikan ya jadi Oktober awal, tapi kan. nanti keputusan bukan di saya, saya sebagi eksekutif akan mengusulkan sebelum pelantikan," ungkap dia.

Meski begitu, Sohibul menegaskan saat ini kadernya menginginkan PKS berada di barisan oposisi. Dia juga yakin nantinya PKS akan tetap berada di jalur oposisi. 

"Kayanya sama dengan kader ya mereka ingin oposisi. Jadi saya sudah menyerap lewat halal bihalal seluruh Indonesia kader ini belum ditanya saja sudah mengatakan 'ustad di luar ya'. Para caleg terpilih juga begitu," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Sikap Oposisi

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menegaskan partainya akan berada di barisan oposisi.

Sikap politik itu akan dikukuhkan dalam rapat Majelis Syuro mendatang.

"Sampai hari ini kita tetap dalam posisi melaksanakan putusan Majelis Syuro yaitu kami berada di luar pemerintahan. Dan perkiraan saya sih itu sikap tidak akan berubah sekalipun nanti akan diputuskan oleh keputusan Majelis Syuro yang baru," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.