Sukses

Imbas Listrik Padam, Warung dan Rumah Terbakar hingga Tewaskan Pemiliknya

Lantan mati lampu, pemilik usaha tempat usaha penjualan sembako, bensin dan gas itu, menyalakan lilin untuk penerangan usahanya di dekat bensin.

Liputan6.com, Jakarta - Akibat menyalakan lilin imbas dari mati listrik Jabodetabek, dua tempat usaha di Cipondoh, Kota Tangerang terbakar, Minggu (4/8/2019) malam. 

Salah satu tempat terjadinya kebakaran, bahkan menyebabkan pemilik usaha meninggal dunia dan satu lainnya mengalami luka bakar pada tubuhnya.

Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Dicky Ario Yustisianto mengungkapkan, peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan H Mansyur, Kampung Gondrong, Cipondoh tersebut, terjadi sekitar pukul 19.30 wib. Lantan mati lampu, pemilik usaha tempat usaha penjualan sembako, bensin dan gas itu, menyalakan lilin untuk penerangan usahanya.

Namun karena diletakkan di dekat etalase bensin, pada saat bersamaan, terjadi sambaran api dan langsung mengenai tabung gas yang melukai Sopian(25), hingga mengalami luka bakar. Sementara istrinya, Sakinah (25), meninggal dunia di tempat kejadian.

“Korban luka kami bawa ke RS Mulia, tak jauh dari TKP sementara satu korban meninggal yang merupakan istri pemilik warung kami bawa ke RSUD,” ungkap Kasat reskrim, Senin (5/8/2019). Dari tempat kejadian, Polisi menyita sejumlah alat bukti berupa lima tabung gas dan pecahan botol bekas penyimpanan bensin.

Sementara pada satu lokasi usaha yang lain, juga terjadi kebakaran pada hari dan malam yang sama. Peristiwa itu terjadi di Kampung Gondrong, RT01/04.

“Benar dua lokasi di Kampung Gondrong Cipondoh, satu warung sembako dan satu lapak kayu,” katanya.

Untungnya, tak ada korban dari kejadian kebakaran yang terjadi di Lapak kayu, milik Suwito. Dari lokasi tersebut, Polisi mengamankan potongan kayu terbakar sebagai alat bukti.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran di Menteng

Kejadian serupa menimpa puluhan rumah kontrakan di di Menteng Atas Selatan III, Jakarta Selatan. Permukiman padat penduduk ludes terbakar pada Minggu (4/8) malam.

Kebakaran diduga berkaiatan dengan pemadaman listrik yang menimpa wilayah DKI Jakarta dan sekitar sejak Minggu siang kemarin.

Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Sugeng mengatakan, penyebab kebakaran dari lilin yang dinyalahkan oleh satu penghuni rumah saat mati lampu.

"Penyebabnya akibat lilin," kata Sugeng dalam keterangannya, Senin (5/8/2019).

Akibat kebakaran itu, 350 warga harus mengungsi ke RPTRA Kebon Sawo, Kelurahan Menteng Atas. Dalam peristiwa itu satu orang warga tewas. Namun, indetitasnya hingga kini belum diketahui.

"Meninggal dunia satu, nama belum diketahui. Yang mengalami luka-luka bernama M Iqbal Anggota PPSU mengalami luka parah di kakinya," ujarnya.

Terkait kerugian, saat ini petugas masih melalukan pendataan. Sugeng menambahkan, api dapat dipadamkan pada pukul 22.45 WIB.

"Setidaknya ada 14 unit pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 22.45 WIB," pungkas dia.

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.