Sukses

Kualitas Udara di Area Car Free Day Jakarta Sempat Membaik

Pada pukul 10.00 WIB indeks kualitas udara atau US Air Quality Indeks area CFD berada di angka 105.

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas udara di kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) pada Minggu (4/8/2019) sempat membaik. Berdasarkan data AirVisual.com, pada pukul 10.00 WIB indeks kualitas udara atau US Air Quality Indeks area CFD berada di angka 105.

Status udara di indeks AQI 105 memang berada di tingkat tidak sehat untuk kelompok sensitif, namun hampir mendekati kualitas udara baik secara rata- rata, yaitu di angka AQI 100.

Area car free day yang tersedia di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin ini mengurangi banyak sumber polutan di daerah Jakarta Pusat. Kendaraan bermotor yang diizinkan beroperasi hanya Transjakarta.

Namun hal ini tidak bertahan lama. Dilansir Antara, pada pukul 10.30 WIB memasuki waktu CFD berakhir, indeks kualitas udara di area Jalan MH Thamrin dan Sudirman meningkat kembali di angka AQI 144.

Hal ini membuktikan bahwa dengan berkurangnya kendaraan bermotor di wilayah Jakarta dapat memberikan kontribusi bagi kualitas udara di Jakarta menjadi lebih baik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terburuk Kedua di Dunia

Sebelumnya, pada Minggu pagi ini, Jakarta menduduki posisi kedua sebagai negara dengan indeks kualitas udara terburuk di dunia dengan indeks kualitas udara di angka 152 atau tidak sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.