Nonton Pagelaran Wayang Kulit, Jokowi Tetap Pantau Gempa Banten

Oleh Lizsa Egeham pada 03 Agu 2019, 06:25 WIB
Diperbarui 05 Agu 2019, 00:13 WIB
Jokowi Pimpin Ratas Bahas Pemindahan Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pagelaran wayang kulit di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Jumat (2/8/2019). Sepanjang menonton wayang kulit, Jokowi tetap memantau kondisi gempa Banten yang berkekuatan magnitudo 6,9.

Jokowi mengaku mengetahui gempa Banten sekitar pukul 19.03. Dia pun langsung menghubungi jajarannya untuk mengetahui kondisi terkini di lokasi gempa.

"Tadi saya telpon ke lapangan juga. Yang paling penting, saya monitor sejak jam 19.00 WIB tadi, Alhamdulillah tidak ada ikutan tsunami dan peringatan untuk potensi tsunami baru saja berakhir," kata Jokowi kepada di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Berdasarkan informasi di lapangan, Jokowi menyatakan kondisi lokasi terdampak gempa saat ini aman dan telah ditangani oleh aparat keamanan. Dia belum dapat memastikan apakah ada kerusakan berat akibat gempa sebab pemantauan terkendala oleh kondisi malam hari yang gelap.

"Yang paling penting seluruh masyarakat tenang, hati hati dan terus tetap waspada," ujarnya.

 

2 of 3

Wayang Kulit untuk Sambut HUT RI

Sementara itu, pagelaran wayang kulit digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta sejak 19.30 WIB hingga Sabtu 3 Agustus 2019 pukul 04.00 WIB dini hari. Sementara Jokowi, meyaksikan acara wayang kulit hingga pukul 23.00 WIB.

Pagelaran wayang kulit ini digelar dalam rangka menyambut HUT ke-74 RI pada 17 Agustus. Dalang asal Karanganyar Jawa Tengah, Ki Manteb Soedhaesono membawakan Lakon Kresna Jumeneng Ratu atau Kresna menjadi Raja.

Selain wayang, sejumlah pelakon seni seperti Didi Kempot, Cak Lontong, Soimah, Butet Kartaredjasa, Edo Kondologit, Den Baguse Ngarso, hingga Kirun ikut meramaikan acara. Ada pula tokoh politik yang turut diundang.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓