Sukses

Ibu Terpisah dari Anaknya Saat Gempa Banten Terasa di Mal Tangerang

Saat getaran gempa Banten terasa, para pengunjung mal lari berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Banten bermagnitudo 6,9 dirasakan warga yang tengah berada di TangCity Mall, Tangerang. Saat getaran gempa terasa, para pengunjung lari berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri.

Salah seorang pengunjung, Jaka Lelana, menuturkan, saat gempa Banten terjadi, suara alarm berbunyi di dalam mall. Suasana kepanikan pun menyelimuti pengunjung dalam gedung.

"Eskalator dimatikan, semua pengunjung turun," ujar Jaka kepada Liputan6.com, Jumat (2/8/2019).

Bahkan. kata dia, ada salah seorang pengunjung yang terpisah dari anaknya. Sang ibu diduga merasa panik akibat getaran gempa Banten hingga terpisah dari anak dan suaminya.

"Anak yang masih bayi itu digendong ayahnya," ujar Jaka.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tamu Hotel Panik

Gempa bermagnitudo 7,4 yang terjadi di perairan Banten sempat membuat panik tamu hotel di kawasan pesisir Banten. Bahkan ada yang lari ke dataran tinggi atau bukit di sekitar pesisir pantai.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten Achmad Sari Alam mengatakan, saat gempa Banten terjadi memang membuat tamu hotel panik dan keluar dari kamarnya.

"Kepanikan pasti, banyak yang lari di bukti-bukit sekitar 500 meter dari pantai," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (2/8/2019).

Namun demikian, saat ini kondisi telah kembali normal. Selain itu, belum ada laporan terkait kerusakan yang dialami oleh hotel-hotel di pesisir Banten, khususnya yang berlokasi di deket pusat gempa Banten.

"Info kerusakan belum ada kabar," kata dia.

Sementara terkait dengan potensi tsunami, lanjut Achmad, sejauh ini kondisi air laut juga normal dan tidak terjadi gelombang tinggi. Selain itu, BMKG juga telah mencabut peringatan dini tsunami akibat gempa Banten ini.

"Situasi ait laut Sumur (salah satu lokasi di ujung selatan Banten) normal," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Jakarta