Foto Terkini Tumpahan Minyak Pertamina di Kepulauan Seribu

Oleh Delvira HutabaratNila Chrisna Yulika pada 02 Agu 2019, 12:26 WIB
Tumpahan minyak yang tercecer di Pulau Untung Jawa (Foto: Humas Kep Seribu)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu terkena dampak tumpahan minyak dari sumur migas Pertamina. Tumpahan minyak tersebut terjadi sejak Juli 2019 lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memanggil perwakilan dari Pertamina untuk meminta penjelasan dan mencari solusi bersama untuk membersihkan tumpahan minyak.

Anies juga mengapresiasi Pertamina yang disebut telah mengambil langkah cepat menangani tumpahan tersebut. "Saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada pertamina yang telah melakukan langkah-langkah responsif," ucapnya.

Berikut foto penampakan tumpahan minyak yang masuk ke daratan Pulau Untung Jawa:

PPSU dan petugas Dinas LH berdama Bupati Kep. Seribu membersihkan tumpahan minyak yang masuk ke daratan Pulau Untung Jawa (Foto: Humas Kep Seribu)

Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan petugas Dinas Lingkungan Hidup bersama Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad membersihkan tumpahan minyak yang masuk ke daratan Pulau Untung Jawa.

Bupati Kepulauan Seribu Husain Murad menyatakan pihaknya akan terus menyisir dan membersihkan sisa-sisa tumpahan minyak yang mengalir dan menyangkut di pantai atau daratan di pulau-pulau Kepulauan Seribu.  

Tumpahan minyak yang menggenang di pantai (Foto: Humas Kep Seribu)

Penampakan pantai Pulau Untung Jawa yang tercemar tumpahan minyak Pertamina. Terlihat di bibir pantai tumpahan minyak menggumpal akibat terseret ombak ke daratan.

PPSU dan petugas Dinas Lingkungan Hidup bersama Bupati Kep. Seribu membersihkan tumpahan minyak (Foto: Humas Pemkab Kep Seribu)

Pemkab Kepulauan Seribu bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Petugas Pertamina membagi tugas pembersihan.

"Kita bersihkan dan kumpulkan terutama dengan PPSU dan dan Dinas LH dan petugas Pertamina sendiri. Sudah diangkut oleh pemerintah sampah kotoran itu," ucap Bupati Kepulauan Seribu Husain Murad. 

"Pihak Pertamina karena karena pakai kapal dia bersihin di laut. Kalau petugas kita bersihin yang nyampe darat," tambahnya.

2 of 3

Kumpulan Tumpahan Minyak

Tumpahan minyak yang berhasil dikumpulkan (Foto: Humas Kep Seribu)

Tumpahan minyak yang berhasil dikumpulkan petugas dimasukkan ke dalam karung. Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau yang paling terkena dampak tumpahan minyak. 

Tumpahan minyak yang tercecer di Pulau Untung Jawa (Foto: Humas Kep Seribu)

Dalam foto tersebut tampak tumpahan minyak yang tercecer di pantai. Sementara, terkait warga terdampak, menurut Husein terdapat sekitar 4 kelompok budidaya ikan di Pulau Untung Jawa yang terdampak. Rencananya Senin besok pihak Pertamina dan Pemkab akan menemui nelayan untuk membahas ganti rugi dan bermusyawarah.

"Nah itu besok akan diganti, akan dibicarakan dan akan akan lihat langsung. Diverifikasi ada berapa nelayan (terdampak). Tadi Pertamina bilang siap akan bertanggung jawab," Husein.

3 of 3

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by