Detik-Detik Gunung Tangkuban Perahu Kembali Erupsi

Oleh Maria Flora pada 02 Agu 2019, 13:41 WIB
Diperbarui 02 Agu 2019, 13:41 WIB

Fokus, Bandung Barat - Inilah rekaman video amatir yang terekam petugas pada pukul 07.30 WIB saat Gunung Tangkuban Parahu di perbatasan Bandung Barat dan Subang, Jawa Barat, kembali erupsi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (2/8/2019), saat semburan terjadi, tidak ada warga atau pun wisatawan yang berada di lokasi wisata yang baru saja dibuka kemarin pascaerupsi Jumat lalu.

Belum diketahui pasti dampak dari erupsi pagi tadi, karena petugas masih memantau embusan angin. Dari data yang dikumpulkan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat erupsi terjadi sejak semalam pukul 21.00 WIB.

Akibat erupsi yang belum berhenti, lokasi wisata pun kembali ditutup oleh pengelola. Sejumlah kendaraan pribadi maupun bus pariwisata yang sudah telanjur masuk sejak jam 07.00 pagi tertahan di luar karena gerbang masuk ditutup. 

Dalam sepekan, sejak erupsi pertama terjadi pada 26 Juli lalu, PVMBG mencatat Tangkuban Parahu sudah sembilan kali erupsi. Hari ini, baik petugas maupun awak media hanya diperbolehkan masuk hingga pos pemantau yang berjarak 4 kilometer dari lokasi kawah ratu.

PVMBG baru saja menetapkan status Gunung Tangkuban Parahu yang tadinya normal kini naik ke level waspada.