Sukses

Peran Sub Holding Gas Jadi Fokus PGN di Hari Ulang Tahun ke-54

Sub Holding Gas harus mampu membuktikan dan memberikan dampak nyata terhadap akses energi gas bumi ke seluruh masyarakat.

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-54, PT Perusahaan Gas Negara Tbk menggelar parade kebudayaan. Parade ini menjadi cara PGN menyampaikan pesan keberagaman. 

"Pesan keberagaman untuk melayani masyarakat dengan energi baik gas bumi. Selain itu pesan kebhinekaan ini juga merupakan potret visi dan misi PGN sebagai sub holding gas yang merupakan tulang punggung negara untuk menjadi agen pembangunan di seluruh wilayah nusantara seperti yang tercermin pada keberagaman pakaian budaya yang dikenakan oleh jajaran manajemen PGN dan peserta parade," ungkap Sekretaris Perusahaan, Rachmat Hutama.

Perayaan HUT ke-54 PGN ini juga spesial karena menjadi ajang kegiatan sinergi PGN dan Pertagas dalam wadah Sub Holding Gas. Keduanya sekarang telah menjalankan peran bersama sebagai pengelola infrastruktur dan melayani kebutuhan gas bumi terbesar di Indonesia.

Lebih lagi, perayaan HUT PGN kali ini juga dihadiri oleh Direktur Utama Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan jajaran manajemen Pertamina dan PT Pertamina Gas (Pertagas).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widayawati dalam sambutannya mengatakan, bahwa melalui integrasi PGN ke dalam Pertamina Group, semakin memperkuat peran BUMN Migas. Dalam menjalankan tugas, menyediakan dan menyalurkan energi secara terintegrasi, end to end hulu hilir.

Jadi diharapkan tujuan pemerintah dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengembangan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi dapat terwujud nyata dalam peningkatan pembangunan ekonomi nasional.

"Menjadi pekerjaan rumah bersama bahwa Sub Holding Gas harus mampu membuktikan dan memberikan dampak nyata terhadap akses energi gas bumi ke seluruh masyarakat. Selain itu Sub Holding Gas juga dapat tetap memberikan pelayanan terbaik dengan portofolio produk dan layanan yang dimiliki dalam keluarga besar Holding Migas dan fokus kepada layanan pelanggan ke seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya mudah di akses namun energi yang dinikmati masyarakat juga harus affordable," tambah Nicke.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso menyampaikan sebagai Sub Holding Gas, PGN akan mengelola rantai bisnis midstream dan downstream secara terintegrasi, baik optimasi pasokan, infrastruktur, serta pengelolaan pasar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga akan meningkatkan kehandalan penyaluran gas bumi, serta penyediaan gas dengan harga yang kompetitif dengan tetap memperhatikan keberlangsungan usaha penyediaan gas bumi.

"Di usia yang semakin matang ini, PGN yang juga merupakan pionir pemanfaatan gas bumi nasional, terus melakukan insiatif dan terobosan untuk memperluas pemanfaatan gas bumi ke berbagai segmen melalui pembangunan berbagai infrastruktur gas bumi dalam rangka menjalan peran agent of development untuk peningkatan pemanfaatan dan memenuhi kebutuhan domestik gas bumi," jelas Gigih.

Perayaan HUT PGN kali ini terasa berbeda karena sebenarnya PGN genap memasuki usia 54 tahun pada 13 Mei 2019. Hanya saja, perayaan puncak ini baru dapat digelar pada bulan Juli karena perusahaan lebih dulu merayakan Ramadan dan Idul Fitri sepanjang Mei dan Juni.

Parade mengambil judul Gemilang Semarak PGN serta bertemakan Tiada Henti Menyatukan dan Menyalurkan Energi Baik Untuk Indonesia. Kegiatan parade diikuti oleh Direksi PGN, para Kepala Divisi, Direksi Anak Perusahaan. Parade ini dimulai dengan Tarian Lenggang Amprok.

"Sebanyak 24 VVIP seperti Direksi dan Komisaris turut meramaikan tari-tarian ini," imbuh Rachmat. Kelompok milenial PGN juga turut dilibatkan dalam Parade Kebudayaan ini.

Sebelum acara puncak, seperti tahun-tahun sebelumnya PGN juga menggelar serangkaian Lomba Olahraga yang dikemas dalam Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Selama hampir dua pekan, PGN menggelar sejumlah kegiatan olahraga di antaranya Panahan, Futsal, Badminton, Basket 3 on 3, Bola Voly dan Memancing.

Perayaan puncak HUT PGN pada hari ini juga diramaikan dengan sejumlah games-games seru yang melibatkan para pekerja di lingkungan PGN Group. Turut hadir juga sejumlah bintang tamu musisi nasional di panggung utama.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.