Cerita Sandiaga Uno di Balik Pertemuan Jokowi dan Prabowo Sandiaga Uno

Oleh Devira Prastiwi pada 01 Agu 2019, 19:06 WIB
Sandiaga Uno

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan menjadi saksi bisu pertemuan antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Pertemuan keduanya merupakan pertemuan perdana keduanya usai bersaing dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019. Saat itu, Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin, sedangkan Prabowo bersama Sandiaga Uno.

Pertemuan Jokowi dengan Prabowo pun menjadi sorotan dan menunjukkan bahwa pertarungan Pilpres 2019 telah usai, saatnya untuk berdamai.

Namun, ketika pertemuan berlangsung, sama sekali tidak nampak Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Uno mendampingi pasangannya ketika Pilpres 2019.

Meski begitu, Sandiaga mengaku telah mengetahui rencana tersebut. Lalu bagaimana tanggapan Sandiaga Uno mengenai pertemuan Jokowi dan Prabowo tak melibatkannya?

Berikut tanggapan-tanggapan Sandiaga Uno mengenai pertemuan tersebut:

 

2 of 6

1. Tak Dilibatkan dalam Pertemuan

Diskusi Milenial Bareng Sandiaga Uno dan Anis Matta
Sandiaga Uno saat berbicara dalam acara diskusi milenial di kawasan Jakarta, Minggu (14/7/2019). Diskusi bertema ‘Sikap Milenial Pasca Pilpres 2019 & Peran Serta Milenial dalam Menciptakan Lapangan Kerja dan Industri Kreatif’. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa, 30 Juli 2019 malam, Sandiaga Uno akhirnya blak-blakan.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan jika dirinya tak dilibatkan dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo. Menurut Sandiaga, H-1 pertemuan, Prabowo sempat menghubungi membicarakan soal rencana itu.

"Saya baru tiba dari luar negeri, tiba-tiba pak Prabowo telepon menyampaikan akan ada pertemuan tinggal menunggu waktu, tempatnya belum diketahui. Dia bicara pakai bahasa Inggris mengatakan, 'this is a meeting will not include you'," cerita Sandiaga.

 

3 of 6

2. Berikan Saran

Senyum Prabowo-Sandi Terima Putusan MK
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan cawapres Sandiaga Uno usai memberi ketarangan terkait hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). MK tak menemukan bukti terkait ketidaknetralan aparatur negara dalam Pilpres 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Saat menghubungi Sandiaga, Prabowo rupanya tak lupa meminta saran terkait dengan rencana pertemuannya dengan Jokowi.

Kala itu, Sandiaga mengaku menyarankan agar Prabowo tak bergabung menjadi koalisi. Hal itu menurutnya, supaya ada keseimbangan dalam pemerintahan.

"Ada elite politik di luar pemerintah yang hadir untuk memberi masukan, input konstruktif, alangkah bermartabatnya kalau (partai-partai) menempatkan diri di luar pemerintahan memberi masukan konstruktif. Tapi keputusan terakhir di Prabowo dan partai-partai," kata Sandiaga.

 

4 of 6

3. Harus Move On

Prabowo dan Sandiag Uno Usai Sambangi Rumah SBY
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berada di dalam mobil usai pertemuan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kuningan, Jakarta, Kamis (10/1). Prabowo-Sandi melakukan pertemuan tertutup di kediaman SBY. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sandiaga mengakui banyak pendukung yang menyesalkan pertemuan Prabowo dengan Jokowi. Dia pun kemudian memberikan penjelasan kepada mereka.

Sandi menegaskan, para pendukungnya harus move on atau lepas dari persoalan Pilpres 2019.

"Sebagian pendukung fanatik Prabowo-Sandi memang ada yang menyesalkan (pertemuan dengan Jokowi), tapi setelah saya temui satu per satu mereka dapat mengerti. Pak Prabowo mengedepankan kepentingan bangsa negara. This time to move on," ujar Sandiaga.

 

5 of 6

4. Tak Ada Bagi-Bagi Jatah

Nur Asia dan Sandiaga Uno
Nur Asia dan Sandiaga Uno (dok. Instagram @nurasiauno/https://www.instagram.com/p/BoiimGwga2h/Putu Elmira)

Sandiaga mengatakan, pertemuan Prabowo dan Jokowi tak membicarakan soal bagi-bagi kursi. Hal itu diungkapkan langsung oleh Prabowo kepada Sandiaga setelah bertemu dengan Jokowi

"Tidak pernah ada pembicaraan bagi-bagi kursi atau bagi-bagi jatah. Tapi bagaimana memastikan bahwa Indonesia ini terus bisa menjawab tuntutan rakyat," kata Sandiaga.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber  : Merdeka.com

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓