Akbar Tanjung Dukung Airlangga Hartarto Kembali Pimpin Golkar

Oleh Liputan6.com pada 01 Agu 2019, 06:53 WIB
Istighosah Menyambut Milad Partai Golkar dan Hari Santri

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung mendukung Airlangga Hartarto memimpin kembali partai berlambang pohon beringin. Akbar memiliki beberapa alasan mengapa Airlangga pantas menjadi ketua umum Golkar periode 2019-2024.

"Saya termasuk tentu memberikan dukungan kepada Airlangga," ujar Akbar di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Rabu 31 Juli 2019.

Mantan Ketum Golkar itu mengakui Airlangga berhasil mempertahankan posisi di parlemen sebagai pemenang kursi terbanyak kedua di DPR. Kendati, dia pun menyebut ada penurunan suara.

Namun, Akbar mengapresiasi Airlangga karena bisa membalikkan hasil survei yang pernah disebut posisinya di bawah PKB. Akbar mengaku dia sendiri sempat sampai turun ke daerah untuk menggenjot suara partai Golkar karena tidak terima suara Golkar bisa di bawah PKB berdasarkan survei.

"Dia sudah mampu berhasil mempertahankan posisi Golkar tetap dua besar," ucapnya.

Alasan kedua, Airlangga dianggap bisa membangun hubungan dengan Presiden Joko Widodo. Airlangga, kata dia memiliki kecocokan.

Hal itu, dia pandang sebagai modal Golkar untuk menjamin kenaikan suara pada Pemilu 2019.

"Dia juga saya rasa mampu menbangun hubungan baik dengan presiden bangun cemistry. Yaitu saya ramal akan menjadi modal bagi dia untuk menaikan perolehan suara menghadapi 2024 yang akan datang," pungkas Akbar.

2 of 3

Dukungan Kosgoro

Lewat Aplikasi SaksiKu, Ketum Golkar Pantau Perolehan Suara di TPS
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Anggota DPR Aziz Zyamsudin, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita dan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus melakukan pemantauan Aplikasi Android SaksiKu untuk Saksi Partai Golkar di TPS pada Pemilu 2019, Jakarta, Selasa (16/4). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Salah satu ormas pendiri Partai Golkar Kosgoro 1957 mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga Hartarto sebagai calon ketua umum Golkar periode 2019-2024. Deklarasi berdasarkan hasil Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspinas) V Kosgoro 1957.

Deklarasi tersebut dilaksanakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2019). Naskah hasil Muspinas langsung diserahkan kepada Airlangga Hartarto yang hadir di tempat, melalui Ketua Umum Kosgoro Agung Laksono.

"Musyawarah pimpinan nasional Kosgoro 1957 menyatakan mencalonkan, mendukung dan siap bekerja memenangkan kader Kosgoro 1957 saudara H. Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar masa bskti 2019-2024. ," ujar Ketua PDK Kosgoro 1957 Provinsi Maluku Utara Edi Langkara membacakan naskah deklarasi.

Deklarasi turut dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar. Turut hadir pula, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tandjung, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus. Menteri Sosial yang juga politikus Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita hadir.

Deklarasi itu berdasarkan beberapa poin hasil Muspinas Golkar. Kosgoro menilai Golkar belum melakukan konsolidasi secara memadai sebab dalam masa periode 2014-2019 terjadi empat kali pergantian ketua umum. Satu tahun sisa masa jabatan Airlangga Hartarto hanya khusus pemenangan Pileg dan Pilpres.

"Tentu saja bukan hal yang mudah sehingga kepeimpinan DPP partai belum mencapai kekuatan maksimal. Kendati pun berhasil meraih urutan kedua di DPR RI," kata Edi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓