Sukses

Penampakan Gunung Kerinci Saat Erupsi

Saat ini Gunung Kerinci berada pada status level II atau waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Kerinci  erupsi, Rabu (31/7/2019), pukul 12.48 WIB. Hal ini diungkap oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi lewat twitternya @vulkanologi_mbg.

Dalam foto yang terlihat dari akun media sosialnya, kondisi cuaca di sekitar Gunung Kerinci saat terjadi erupsi nampak cerah. Hanya terlihat kolom abu berwarna kelabu yang muncul di atas puncak gunung tertinggi di Sumatera ini.

 

Dari info yang diungkap PVMBG, kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak. Atau sekiar 4.605 meter di atas permukaan laut.

Saat ini Gunung Kerinci berada pada status level II atau waspada. Sejumlah rekomendasi dikeluarkan pihak PVMBG kepada warga sekitar maupun wisatawan yang tengah berkunjung ke Gunung Kerinci.

Pertama, masyarakat sekitar Gunung Api Kerinci dan pengunjung tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci dalam radius 3 kilometer dari kawah aktif.

Kedua, penerbangan diminta menghindari jalur sekitar Gunung Kerinci karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.