Marak Jual Beli NIK dan KK, Kemendagri Jamin Keamanan Data Penduduk

Marak Jual Beli NIK dan KK, Kemendagri Jamin Keamanan Data Penduduk

Beberapa hari terakhir, masyarakat dibuat risau oleh isu jual beli data identitas penduduk, salah satunya NIK, dalam KTP Elektronik (E-KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Semudah mengetikkan kata kunci di mesin pencari daring, seluruh data akan muncul di layar komputer.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (31/7/2019), kekhawatiran bocornya data pribadi langsung direspons Mendagri Tjahjo Kumolo. Data e-KTP dan Kartu Keluarga yang ada di Dukcapil dijamin keamanannya.

Sementara itu, Mabes Polri telah menerima laporan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri atas tersebarnya data pribadi dalam E-KTP dan KK tersebut. Kini polisi masih menelusuri laporan yang diterima untuk ditindak lanjuti sesuai UU ITE dan Administrasi Kependudukan dalam Kerahasiaan Identitas.

Sejauh ini, analisis Kemendagri dan polisi mencatat, data-data pribadi yang beredar 80-90 persen merupakan data palsu. Namun, polisi juga mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan tidak sembarangan mengunggah identitas secara daring. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Galuh Garmabrata pada 31 July 2019, 14:58 WIB

Video Terkait

Spotlights