Sukses

Bersama Dubes India, Anies Bersepeda Peringati 150 Tahun Kelahiran Mahatma Gandhi

Menurut Anies Baswedan, Gandhi mampu menginspirasi dan menggaungkan perjuangan bebas kekerasan di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peringan 150 tahun hari kelahiran Mahatma Gandhi yang diselenggarakan Kedutaan Besar India di Jakarta pagi ini.

Bersama Dubes India Pradeep Kumar Rawat, Anies Baswedan bersepeda bersama dengan tema "Cycling for Non-Violence, Peace & Truth”.

“Pagi ini di Jakarta kita bersama Kedutaan India memperingati 150 tahun kelahiran Mahatma Gandhi. Mahatma Gandhi adalah seorang pribadi pejuang kemanusiaan yang ide-idenya, tindakannya telah menginspirasi perjuangan kemerdakaan di berbagai wilayah, khususnya di Asia dan Afrika,” kata Anies usai bersepeda di kawasan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2019).

Menurut Anies, sosok Gandhi adalah seorang yang mampu menginspirasi dan menggaungkan perjuangan bebas kekerasan di seluruh dunia.

“Karena itu, ketika Kedutaan India menyelenggarakan kegiatan 150 tahun ini, kami sambut. Kita di Indonesia dan India memiliki hubungan baik yang amat panjang. Para pendiri kedua negara, baik Indonesia Bung Karno, Bung Hatta adalah sahabat dari pendiri India,” jelas Anies Baswedan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Harus Tetap Terjaga

Hubungan baik antara Indonesia dan India, menurut Anies, harus dijaga dan diteruskan. “Hubungan baik inilah yg kemudian yg harus kita teruskan. Pagi ini saya sambut baik inisiatif untuk mengingat itu dan pesan yang disampaikan saya rasa sangat kuat,” jelasnya.

Mantan Mendikbud itu mencontohkan, salah satu kutipan Gandhi yang amat menginspirasinya, yakni soal balas dendam.

“Bila setiap mata harus diganti mata, maka membuat seluruh dunia buta. Saya rasa ini pesan yang sangat positif kami sambut baik sekali,” ucap Anies.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.